Kompas.com - 09/05/2021, 12:58 WIB
Komik Q. E. D kembali comeback di Indonesia setelah sekian lama menanti. DOK. Elex Media KomputindoKomik Q. E. D kembali comeback di Indonesia setelah sekian lama menanti.

Penulis: Faira Amadea & Sari Abubakar, Penerjemah & Editor Komik Elex Media Komputindo

KOMPAS.com - Setelah penantian sekian lama, kini para penggemar komik Q.E.D. karya Motohiro Katou di Indonesia bisa bersorak gembira.

Karena Elex Media Komputindo selaku pemegang hak terjemahan akhirnya resmi menerbitkan kelanjutan komik tersebut sejak awal tahun 2021.

Bertajuk Q.E.D. iff, manga yang pertama kali diterbitkan di Jepang pada tahun 2015 dan kini sudah mencapai volume 18 ini, kembali mengusung petualangan Sou Toma dan Kana Mizuharaduo murid SMU dengan sifat yang saling bertolak belakang dalam mengungkap kasus-kasus kriminal.

Satu ciri khas Q.E.D. yang membedakannya dengan komik-komik detektif lain adalah penggunaan teori-teori ilmu pasti, terutama matematika dan fisika, yang diwakili oleh karakter So Toma sebagai anak jenius yang berhasil lulus dari MIT (Massachusetts Institute of Technology) di Amerika Serikat pada usia 15 tahun.

Baca juga: Intip Kehidupan Geisha Lewat Menu Andalan Koki Jepang

Karakter Toma dalam kisah Q.E.D. maupun Q.E.D. iff tidak banyak mengalami perubahan. Kalaupun ada, itu adalah bagaimana dia tidak lagi begitu mudah mengiyakan untuk terlibat dalam sebuah kasus sehingga Kana Mizuhara harus berusaha lebih keras untuk menggugah minatnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bagi pembaca yang penasaran bagaimana masa kecil Toma, Motohiro Katou membuat satu cerita khusus tentang Toma kecil.

Ia yang ternyata selama tinggal di Amerika sempat tinggal di sebuah desa di Jepang selama beberapa waktu dan dituduh sebagai pelaku pencurian.

Bagaimana dengan Mizuhara? Gadis tomboy putri seorang Inspektur Polisi ini masih tetap tampil ceria dan selalu siap membela siapa saja yang mengalami ketidakadilan.

Salah satu hal menarik lain dari komik ini adalah hubungan Mizuhara dan Toma. Sepanjang kisah Q.E.D dan Q.E.D. iff, beberapa kali pengarang menyiratkan bahwa hubungan antara mereka berdua secara perlahan mencapai tingkat di mana pihak yang satu menganggap pihak lainnya sebagai “sosok yang penting”.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.