Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/11/2021, 19:19 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kualitas sebuah perguruan tinggi selalu mendapat penilaian baik dari pemerintah maupun lembaga pemeringkatan internasional.

Salah satu lembaga pemeringkatan internasional 4 International College & Universities (4ICU) UniRank 2021 kembali merilis universitas terbaik dari seluruh dunia.

Di Indonesia, Universitas Gadjah Mada (UGM) kembali menduduki peringkat pertama dalam pemeringkatan perguruan tinggi terbaik versi 4 International College & Universities (4ICU) UniRank 2021. Sedangkan pada pemeringkatan dunia, UGM menempati posisi ke-331.

"Bersyukur UGM kembali menempati posisi pertama. Ini semua berkat kerja baik dari seluruh civitas UGM dan perbaikan yang dilakukan secara terus-memerus untuk meningkatkan kemanfaatan dan kontribusi UGM bagi masyarakat dan bangsa," terang Rektor UGM, Prof. Panut Mulyono seperti dikutip dari laman resmi UGM, Selasa (2/11/2021).

Baca juga: Anak Usaha Dexa Group Buka Lowongan Kerja Lulusan SMA/SMK-S1

Website UGM banyak diakses

Selain UGM, perguruan tinggi di Indonesia yang menempati peringkat 500 besar dunia antara lain Universitas Indonesia (UI) di peringkat 360 dan Universitas Brawijaya (UB) yang menempati peringkat 488.

Sementara itu Direktur Direktorat Sistem dan Sumber Daya Informasi (DSSDI) UGM, Widyawan mengungkapkan, peringkat ini menunjukkan kinerja UGM dengan berbagai pengembangan yang terus dilakukan dalam pemanfaatan teknologi informasi baik di bidang pendidikan, pengajaran, maupun penelitian.

Baca juga: Jasa Marga Buka Lowongan Kerja Program Jet Roadster 2021 Lulusan S1

Pemeringkatan ini, lanjut Widyawan, menunjukkan popularitas UGM yang dilihat dari beberapa faktor, seperti:

1. Banyaknya jumlah kunjungan ke website UGM.

2. Jumlah akses dari luar ke berbagai situs di bawah domain ugm.ac.id.

"Ini menjadi pengakuan dari dunia internasional terhadap adopsi digital di UGM," terangnya.

Dasar pemeringkatan 4ICU

Pemeringkatan perguruan tinggi versi 4ICU dilakukan berdasarkan sistem algoritma lima website yang dianggap netral dan independen yaitu:

Baca juga: Berhasil Kembangkan Axolotl, Mahasiswa UB Banjir Tawaran Ekspor

  • Moz Domain Authority
  • Alexa Global Rank
  • SimilarWeb Global Rank
  • Majestic Reffering Domains
  • Majestic Trust Flow.

Menurut laman 4icu.org, pemeringkatan diberikan kepada 576 institusi pendidikan tinggi di Indonesia yang memenuhi sejumlah kriteria dari UniRank. Salah satunya telah terakreditasi oleh organisasi terkait pendidikan tinggi yang sesuai di setiap negara.

Selain itu, perguruan tinggi yang dinilai adalah yang menawarkan gelar sarjana empat tahun dan pascasarjana. Serta memberikan pendidikan dalam format tradisional, tatap muka, dan non jarak jauh.

Tujuan pemeringkatan ini adalah untuk menyediakan klasemen non-akademik dari perguruan tinggi terbaik di Indonesia dan dunia berdasarkan metrik website yang valid, tanpa bias dan pengaruh apa pun.

Baca juga: Mahasiswa, Ketahui 5 Hal Penting Ini Sebelum Ikuti Program Magang

Selain itu juga disediakan sumber-sumber web intelligence independen dan bukan data yang dikumpulkan oleh perguruan tinggi itu sendiri.

"Ke depan tentu UGM akan terus melakukan perbaikan dan pengembangan. Bukan demi peringkat itu sendiri, tetapi untuk memberikan layanan yang lebih baik bagi seluruh stakeholder," tutup Widyawan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com