Kompas.com - 01/11/2021, 17:09 WIB
Mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) berhasil mengembangbiakkan Axolotl hewan endemic Meksiko. Tangkap layar laman Universitas BrawijayaMahasiswa Universitas Brawijaya (UB) berhasil mengembangbiakkan Axolotl hewan endemic Meksiko.
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Bagi para pencinta binatang, bisa memelihara hewan yang unik menjadi sebuah ketertarikan tersendiri.

Salah satu hewan unik yang masih jarang dipelihara orang adalah Axolotl. Axolotl atau dibaca aksolotil merupakan salah satu jenis salamander yang berasal dari Meksiko.

Lima mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) berhasil mengembangbiakkan Axolotl. Mereka bahkan mendapat tawaran untuk ekspor dari beberapa negara seperti Arab, Malaysia, India dan China

Mahasiswa yang tergabung dalam pengembangan axolotl yakni Daffa Khairan, Brillian Prastica, Muhammad Setiawan Gusmi, Rere Tara Mahameru dan Ali Akbar.

Baca juga: Jasa Marga Buka Lowongan Kerja Program Jet Roadster 2021 Lulusan S1

Mahasiswa UB kembangkan Axolotl

Mereka mengembangkan Axolotl agar mampu beradaptasi dan hidup di lingkungan dengan parameter Indonesia. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Daffa Khairan selaku ketua tim mengatakan, Axolotl memiliki bentuk yang unik. Sekilas seperti naga namun memiliki bentuk wajah tersenyum sehingga sering dikenal juga dengan sebutan 'Smiling Salamander'.

Hewan ini juga digunakan dalam penelitian ilmiah karena mereka memiliki kemampuan unik yaitu mampu meregenerasi hampir seluruh anggota tubuh.

Menurut Daffa, di balik potensi yang menjanjikan tersebut Axolotl sulit hidup di Indonesia karena parameter untuk memijahnya berbeda dari kebanyakan ikan lainnya.

"Hal tersebut tidak dapat dipungkiri karena hewan endemik asal Mexico ini memiiki habitat di danau Xochimilco dengan tinggi 2.240 mdpl sehingga memiliki parameter air yang berbeda terlebih pada suhu air," terang Daffa seperti dikutip dari laman Universitas Brawijaya, Senin (1/11/2021).

Baca juga: Aneka Gas Industri Buka Lowongan Kerja Lulusan S1, Ini Syaratnya

Tim Aquaxo dari Universitas Brawijaya ini berhasil untuk membudidayakan hewan endemik ini. Bahkan dalam satu kali produksi dapat menghasilkan ratusan telur.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.