Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Webinar UGM Bahas Pengembangan Penelitian Bidang Kesehatan Lingkungan

Kompas.com - 09/12/2021, 05:17 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Lingkungan yang sehat tentu menjadi harapan semua orang. Maka, penting sekali menjaga kebersihan di lingkungan masing-masing.

Terkait lingkungan, Departemen Perilaku Kesehatan, Lingkungan dan Kedokteran Sosial dan Program Studi Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat FK-KMK Universitas Gadjah Mada (UGM) mengadakan webinar.

Webinar atau Seminar Rabuan kali ini bertema “Environmental Health Challenge: Research Trends and Priorities in Public Health” secara daring.

Baca juga: Cop Busi Daur Ulang Plastik Inovasi Mahasiswa UNY Bikin Bertenaga Tapi Irit

Isu yang diangkat ialah di bidang kesehatan lingkungan. Hal tersebut dikarenakan penelitian di bidang kesehatan lingkungan ini memang sangat strategis, dan secara efektif dapat mengukur dan mencegah resiko dari paparan dan kerusakan lingkungan.

Salah satu narasumber, Indah Deviyanti, MPH selaku National Professional Officer Environmental Health dari World Health Organization Indonesia mengatakan, intervensi yang berbasis bukti dapat dihadirkan untuk mendukung kesehatan secara optimal.

"Memang isu kesehatan lingkungan seperti perubahan pola hidup dan mobilisasi menyebabkan perubahan-perubahan yang terjadi di saat ini," ujar Indah seperti dikutip dari laman FK-KMK UGM, Rabu (8/12/2021).

Dikatakan, World Health Organizations Indonesia akan mendukung penyelenggaraan penelitian di bidang kesehatan lingkungan baik itu secara global ataupun nasional agar terus terjadi peningkatan.

Hubungan antara penyakit dan kesehatan lingkungan, seperti yang diketahui bahwa lingkungan yang sehat dapat mencegah hampir seperempat beban penyakit global.

Baca juga: Alat Pemantau Kualitas Air Ini Hasil Inovasi Mahasiswa ITS

"Contohnya saat Covid-19 mengingatkan kita tentang hubungan komplek antara manusia dan faktor lingkungan," tambahnya.

Selain itu, definisi dari determinan sosial kesehatan adalah sebuah kondisi dimana orang itu tumbuh dan berkembang, bekerja, hidup sampai tua dan bagaimana sistem lingkungan sekitarnya yang lebih luas membentuk kondisi pribadinya sehari-hari.

Beberapa contoh determinan sosial pada kesehatan adalah kondisi perumahan, fasilitas air atau perpipaan.

Sementara Prof. Dr. dr. Hari Kusnanto Josef, SU., Dr.PH., seorang Profesor dari Departemen Kedokteran Keluarga, Komunitas dan Bioetika, FK-KMK UGM menjelaskan, status sosial ekonomi seperti pendapatan juga berperan penting dalam status kesehatan, seperti job security lalu supporting system dari lingkungan terdekatnya.

Faktor-faktor kesehatan lingkungan seperti:

1. polusi udara

2. kualitas air

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com