Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Jurusan Kuliah Favorit Anak IPS dan Prospek Kerjanya

Kompas.com - 29/12/2021, 11:20 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Melanjutkan pendidikan di bangku perkuliahan menjadi kesempatan yang berharga untuk membangun fondasi karier. Tidak semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk mengenyam pendidikan sampai ke tingkat diploma maupun sarjana.

Itulah mengapa, ketika kamu akan berstatus sebagai mahasiswa, merencanakan masa depanmu perlu dilakukan secara matang. Salah satunya dengan memilih jurusan yang tepat dan cocok dengan kemampuan yang kamu miliki.

Untuk bisa memilih jurusan yang tepat, kamu perlu mempertimbangkan beberapa hal. Apakah sesuai dengan minat dan bakatmu? Apakah prospek kariernya menjanjikan? Bagaimana tingkat persaingannya?

Baca juga: Rekomendasi Jurusan Kuliah Sesuai Kepribadian MBTI, Calon Mahasiswa Cek

Sebagai referensi untuk membantu kamu menemukan jurusan yang tepat saat kuliah nanti, melansir Quipper Campus, ada sepuluh daftar bidang keilmuan sosial yang bergengsi dan menjadi pilihan favorit anak IPS.

1. Psikologi

Bisa dibilang Jurusan Psikologi adalah "jurusan kedokterannya" anak IPS. Setelah lulus S1, kamu bisa melanjutkan ke jenjang S2 profesi dan menjadi seorang psikolog untuk membuka praktik konsultasi secara mandiri.

Di sejumlah kampus, jurusan Psikologi masuk dalam ranah IPA, sehingga kamu perlu mencermati kampus mana saja dengan jurusan Psikologi IPS.

Bagaimana kalau kamu hanya lulus S1 Psikologi saja? Tidak perlu cemas karena kamu bisa bekerja sebagai staf HRD di perusahaan dari berbagai bidang industri, mulai dari pendidikan, kesehatan, pariwisata, manufaktur, dan lain-lain. Di jurusan ini, kamu bisa memilih konsentrasi ilmu Psikologi Industri, Klinis, Anak, dan Perkembangan.

Baca juga: 7 Kampus Jurusan Ilmu Sosial Terbaik Indonesia 2022 Versi THE

2. Desain Komunikasi Visual (DKV)

Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) adalah jurusan yang mempelajari tentang konsep komunikasi yang disampaikan melalui media visual seperti gambar, foto dan bentuk rupa lainnya. Seperti membuat desain logo, gambar, dan media visual lainnya sebagai sarana promosi dan informasi.

Media visual tersebut digunakan sebagai sarana untuk menyampaikan informasi tertentu atau mempersuasi (mempengaruhi) orang.

Jurusan yang satu ini makin diminati sejak majunya era digital. Kamu bisa menjalani profesi sebagai seorang animator, ahli multimedia, desainer grafis, dan sebagainya di berbagai institusi baik di perusahaan swasta, juga pemerintahan.

3. Ilmu Hukum

Profesi sebagai pengacara atau lawyer selain sangat bergengsi juga menjanjikan pendapatan yang tinggi.

Kalau kamu ingin berkarier sebagai pengacara, tentu saja harus menempuh pendidikan di Fakultas Hukum lebih dulu.

Tidak jauh berbeda dengan Jurusan Psikologi, untuk menjadi seorang pengacara kamu harus melanjutkan pendidikan profesi setelah tamat S1 Ilmu Hukum.

Pilihan profesi lainnya, kamu bisa menjadi seorang notaris dan Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT). Syaratnya, kamu harus menempuh pendidikan profesi notaris dahulu setelah lulus dari Jurusan Hukum.

Bagi kamu yang belum bisa melanjutkan ke jenjang profesi tidak perlu merasa kecil hati, karena lulusan S1 Hukum masih memiliki banyak kesempatan kerja.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com