Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Calon Mahasiswa, Ini 10 Daftar Prospek Kerja Jurusan Bisnis Digital

Kompas.com - 12/02/2022, 07:07 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Belakangan ini, bidang bisnis digital banyak dibicarakan masyarakat. Tentu, semua terjadi karena adanya pandemi Covid-19 yang mengharuskan semua dekat dengan dunia digital.

Ketika ekonomi melambat akibat pandemi Covid-19, industri e-commerce kian melesat. Pertumbuhan ekonomi digital itu tidak terlepas dari banyaknya pengguna internet aktif di Indonesia.

Dari potensi itu tentu dapat membuka berbagai peluang bisnis baru memakai format digital dengan skala yang beraneka ragam.

Baca juga: 7 Jurusan Kuliah untuk Anak SMK Berikut Prospek Kerjanya

Bagi calon mahasiswa yang tertarik berkarir di bidang ekonomi digital, ada baiknya jika kamu juga mengambil kuliah dengan program yang sangat relevan dengan ekonomi digital, yaitu Jurusan Bisnis Digital.

Prospek kerja Jurusan Bisnis Digital

Lantas, apa prospek kerja Jurusan Bisnis Digital? Melansir laman Quipper, ini 10 daftar prospek kerja Jurusan Bisnis Digital:

1. Konsultan bisnis

Konsultan bisnis adalah seorang ahli atau profesional yang bertugas memberikan saran atau nasihat kepada pelaku bisnis, lembaga, atau perusahaan yang berhubungan dengan kegiatan bisnis yang dilaksanakan.

Seorang konsultan bisnis juga turut membantu klien dalam mengidentifikasi masalah-masalah yang ada, merumuskan solusi, serta mendampingi klien dalam membuat perencanaan bisnis.

2. Technopreneur

Technopreneur adalah sebutan untuk pelaku usaha di bidang teknologi. Syarat utama menjadi seorang technopreneur adalah paham terhadap perkembangan teknologi dan mampu melahirkan inovasi dan terobosan di bidang teknologi.

Menjadi technopreneur bukan semata-mata harus mampu membuat produk teknologi. Namun, technopreneur juga perlu memiliki pemahaman terhadap kebutuhan teknologi atas suatu keadaan dan situasi.

Baca juga: Ini 5 Jurusan Kuliah yang Suka Traveling

3. Pebisnis online

Pebisnis online adalah individu atau kelompok yang menjalankan bisnisnya secara online (bisnis online). Profesi ini merupakan keberlanjutan dari kegiatan bisnis konvensional yang sudah ada sejak lama.

Hadirnya teknologi internet kemudian diadopsi oleh para pelaku bisnis untuk melakukan ekspansi bisnis menggunakan media online. Beberapa hal yang membuat banyak pelaku bisnis beralih ke mode online yaitu jangkauan pasarnya lebih luas, fleksibel, dan lebih hemat biaya.

4. Analis data

Analis data adalah seorang profesional yang bertugas melakukan pemeriksaan, pemodelan, dan transformasi data dengan tujuan untuk menemukan informasi bermanfaat dan mendukung dalam pembuatan keputusan.

Dalam dunia bisnis, proses analisis data sangat dibutuhkan dalam membuat keputusan operasional, forecasting, maupun evaluasi bisnis.

5. Konsultan pemasaran digital

Konsultan pemasaran digital juga merupakan profesional atau seorang ahli bidang pemasaran digital dan membuka layanan konsultasi kepada klien yang membutuhkan saran atau rekomendasi terhadap pengembangan pemasaran digital.

Selain memberi saran, konsultan pemasaran digital juga membantu kliennya dalam melakukan identifikasi masalah, perumusan solusi, dan monitoring progres kegiatan pemasaran digital yang terlaksana.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com