Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/03/2022, 15:09 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Jiwa kreatif bisa diasah sejak dini. Dari kreativitas tersebut akan muncul inovasi-inovasi yang bermanfaat.

Seperti gagasan siswa SMAN 1 Lembang yang satu ini. Bagaimana tidak, mereka berhasil membuat inovasi dengan mengolah kulit buah menjadi hidangan menarik.

Kulit buah yang dimanfaatkan siswa SMAN 1 Lembang ini adalah kulit semangka dan kulit mangga.

Siswa yang terlibat dalam inovasi ini antara lain Panca Afrizal, Cindy Amelia, Wieke Indriyani, Resti Septian, dan Hana Maulidah.

Baca juga: Gagal SNMPTN 2022? Unpad Sediakan Kuota 40 Persen di UTBK SBMPTN

Ubah kulit semangka dan mangga jadi cupcake dan sirup

Kreasi dari para siswa SMAN 1 Lembang ini dinamakan Watermelon Cupcake dan Mango Peel Syrup. Seperti namanya, cupcake ini terbuat dari kulit semangka, sedangkan sirop berbahan dasar kulit mangga.

Panca mengatakan, produk dengan jargon "Thrifty and Healthy" tersebut hadir setelah melalui riset.

"Kulit buah ini biasanya kan dibuang. Nah, kita mau kasih tahu bahwa kulit (buah) ini bisa dimanfaatkan. Baik dikonsumsi ataupun jadi bahan pupuk kompos," tutur Panca seperti dikutip dari Instagram resmi Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Rabu (30/3/2022).

Kulit buah semangka dan mangga masih punya khasiat

Menurut Cindy, kedua kulit buah tersebut memiliki khasiat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

"Kulit mangga kaya akan serat, bagus untuk pencernaan dan kulit semangka bagian putihnya bisa untuk membersihkan paru-paru," jelas Cindy.

Baca juga: Soal Tuduhan Profesor Gadungan, Ini Penjelasan Ketua Majelis Rektor

Produk ini merupakan satu dari puluhan produk karya siswa kelas X SMAN 1 Lembang.
Kegiatan Showcase Project Penguatan Profil Pancasila Bidang Kewirausahaan SMAN 1 Lembang di Jalan Kabupaten Bandung Barat ini berkonsep bazar tersebut pun dihadiri para guru dan orangtua siswa.

Dalam kegiatan ini tidak hanya memamerkan hidangan yang dibuat para siswa, tapi juga ada pameran kaktus hingga lukisan dari benang.

Implementasi kurikulum Merdeka Belajar

Kepala SMAN 1 Lembang, Suhendiana Noor menambahkan, program tersebut merupakan implementasi dari kurikulum Merdeka Belajar. Sebab, SMAN 1 Lembang termasuk sebagai sekolah penggerak.

Tujuan showcase ini adalah menguasai keterampilan berkelanjutan untuk masa mendatang (keterampilan abad 21), yakni kolaborasi, komunikasi, dan kreativitas.

"Terakhir, berpikir kritis. Semua produk siswa dimulai dengan penelitian, riset, mencari (identifikasi) masalah. Lalu, dieksekusi dengan inovasi dan keterampilan sampai siswa ini menyimpulkan sebuah solusi," ungkapnya.

Baca juga: 3 Siswa Raih Golden Ticket ITS Jalur SNMPTN 2022, Intip Prestasinya

Suhe menegaskan, inti dari kegiatan showcase ini, bukan hasil akhir (produk), tapi proses. Karena hal itulah yang membentuk kemampuan atau keterampilan abad 21.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com