Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Bidang Ilmu Unpad Masuk 500 Terbaik Dunia QS WUR by Subject 2022

Kompas.com - 07/04/2022, 13:38 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Lembaga pemeringkatan dunia Quacquarelli Symonds World University Rankings (QS WUR) kembali merilis peringkat universitas top dunia sesuai bidang ilmu melalui QS World University Rankings by Subject 2022, Rabu (6/4/2022).

Peringkat Universitas Dunia QS WUR by Subject dilakukan berdasarkan pada reputasi akademik, reputasi pemberi kerja, dan dampak penelitian.

Di tahun 2022, peringkat Universitas Dunia QS berdasarkan Subjek mencakup 51 mata pelajaran yang berbeda.

Pada tahun ini, ada tiga bidang ilmu Universitas Padjadjaran (Unpad) yang berhasil masuk ke dalam pemeringkatan tersebut.

Baca juga: 16 Kampus Terbaik Indonesia 2022 Versi QS WUR, Ada 3 PTS

Melansir laman Unpad, tiga bidang ilmu yang masuk pemeringkatan QS WUR by Subject 2022 adalah economics & econometrics pada peringkat 450-500, social sciences & management pada peringkat 450-500, serta bidang ilmu medicine pada peringkat 600-650.

Hasil ini mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya, di mana hanya bidang ilmu medicine yang masuk pemeringkatan.

Selain penambahan bidang ilmu yang masuk pemeringkatan, pada tahun ini jumlah bidang ilmu yang masuk daftar yang dinilai (listed) oleh QS WUR by Subject 2022 sebanyak 34 bidang ilmu.

Jumlah tersebut juga mengalami peningkatan dibandingkan tahun lalu yang berjumlah 23 bidang ilmu.

Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti mengatakan, masuknya dua subyek baru itu menunjukkan penguatan bidang keilmuan di Unpad untuk terekognisi internasional semakin melebar.

Rektor mengatakan, hasil pemeringkatan ini merefleksikan kualitas riset dan publikasi yang dilakukan Unpad semakin meningkat. Kualitas yang meningkat otomatis membuat indeks sitasi juga naik.

Baca juga: Biaya Kuliah S1 Unpad 2022 Jalur SNMPTN-SBMPTN untuk Tiap Prodi

Tidak hanya kualitas riset yang makin baik, rekognisi atas kinerja tridarma Unpad juga semakin meningkat.

Para dosen, lanjut dia, tidak hanya didorong menghasilkan publikasi internasional melalui risetnya, tetapi juga didorong untuk memperluas jejaring kerja sama dengan peneliti lain, baik dalam maupun luar negeri.

Sementara itu, Kepala Kantor Internasional Unpad, Ronny mengatakan, masuknya 10 bidang ilmu baru yang dinilai QS WUR by Subject 2022 diharapkan dapat menambah jumlah bidang ilmu yang masuk pemeringkatan di tahun selanjutnya.

Pada metode QS, bidang ilmu yang masuk listed sudah mendapat penilaian oleh lembaga tersebut.

“Jika hasil penilaian kemudian masuk ke dalam cut off point-nya QS WUR by Subject, maka bidang ilmu tersebut akan berpotensi masuk ke dalam pemeringkatan di tahun 2023,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com