Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siswa, Ini Penerapan Nilai-nilai Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari

Kompas.com - 09/08/2022, 08:34 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Pancasila yang merupakan dasar negara Republik Indonesia memiliki makna dan nilai-nilai luhur dalam setiap sila-silanya.

Ini karena setiap butir pancasila itu dirumuskan dari nilai-nilai yang sudah ada sejak zaman dulu dalam kehidupan pribadi bangsa Indonesia.

Bagi siswa sekolah yang sedang belajar mengenai Pancasila, terlebih penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, maka ini penjelasannya.

Baca juga: Siswa, Ini Contoh Pengamalan Pancasila Sila Ke-5 di Tempat Bermain

Informasi dirangkum dari Jurnal Kewarganegaraan yang disusun oleh Yohana R.U. Sianturi dan Dinie Anggraeni Dewi dari Universitas Pendidikan Indonesia.

Adapun nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dari sila pertama sampai sila-sila kelima yang harus diaplikasikan atau dijabarkan dalam setiap kegiatan pengelolaan lingkungan hidup ialah:

Nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari

Sila pertama Pancasila

Dalam sila Ketuhanan Yang Maha Esa terkandung nilai religius, antara lain:

  • Kepercayaan terhadap adanya Tuhan Yang Maha Esa sebagai pencipta segala sesuatu dengan sifat-sifat yang sempurna dan suci seperti Maha Kuasa, Maha Pengasih, Maha Adil, Maha Bijaksana dan sebagainya.

Contohnya:

  • Menyayangi tumbuh-tumbuhan dan merawatnya
  • Selalu menjaga kebersihan dan sebagainya

Baca juga: Siswa, Ini Contoh Sikap Pelajar Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari

Sila kedua Pancasila

Sila Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab terkandung nilai-nilai perikemanusiaan yang harus diperhatikan dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam hal ini antara lain sebagai berikut:

  • Pengakuan adanya harkat dan martabat manusia dengan segala hak dan kewajiban asasinya.

Penerapan, pengamalan/ aplikasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, yaitu:

  • Dapat diwujudkan dalam bentuk kepedulian akan hak setiap orang untuk memperoleh lingkungan hidup yang baik dan sehat.
  • Hak setiap orang untuk mendapatkan informasi lingkungan hidup yang berkaitan dengan peran dalam pengelolaan lingkungan hidup.
  • Hak setiap orang untuk berperan dalam rangka pengelolaan lingkungan hidup yang sesuai dengan ketentuan-ketentuan hukum yang berlaku dan sebagainya.

Baca juga: 5 Penerapan Nilai-nilai Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari

Sila ketiga Pancasila

Dalam sila Persatuan Indonesia terkandung nilai persatuan bangsa, dalam arti dalam hal-hal yang menyangkut persatuan bangsa patut diperhatikan aspek-aspek sebagai berikut:

  • Persatuan Indonesia adalah persatuan bangsa yang mendiami wilayah Indonesia serta wajib membela dan menjunjung tinggi (patriotisme).
  • Pengakuan terhadap Ke Bhinneka Tunggal Ika dan suku bangsa (etnis) dan kebudayaan bangsa (berbeda-beda namun satu jiwa) yang memberikan arah dalam pembinaan kesatuan bangsa.
  • Cinta dan bangga akan bangsa dan Negara Indonesia (nasionalisme).

Penerapan sila ini dalam kehidupan sehari-hari, antara lain:

  • Dengan melakukan inventarisasi tata nilai tradisional yang harus selalu diperhitungkan dalam pengambilan kebijaksanaan dan pengendalian pembangunan lingkungan di daerah dan mengembangkannya melalui pendidikan dan latihan serta penerangan dan penyuluhan dalam pengenalan tata nilai tradisional dan tata nilai agama yang mendorong perilaku manusia untuk melindungi sumber daya dan lingkungan.

Baca juga: BPIP Ajak Sivitas Akademika UNS Perkokoh Pancasila

Sila keempat Pancasila

Dalam sila Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan Perwakilan terkandung nilai-nilai kerakyatan.

Dalam hal ini ada beberapa hal yang harus dicermati, yakni:

  • Mewujudkan, menumbuhkan, mengembangkan dan meningkatkan kesadaran dan tanggung jawab para pengambil keputusan dalam pengelolaan lingkungan hidup.
  • Mewujudkan, menumbuhkan, mengembangkan dan meningkatkan kesadaran akan hak dan tanggung jawab masyarakat dalam pengelolaan lingkungan hidup.
  • Mewujudkan, menumbuhkan, mengembangkan dan meningkatkan kemitraan, masyarakat, dunia usaha dan pemerintah dalam upaya pelestarian daya dukung dan daya tampung lingkungan hidup.

Sila kelima Pancasila

Dalam sila Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia terkandung nilai keadilan sosial. Dalam hal ini harus diperhatikan beberapa aspek berikut antara lain:

  • Penerapan sila ini tampak dalam ketentuan-ketentuan hukum yang mengatur masalah lingkungan hidup.
  • Mengelola sumber daya alam dan memelihara daya dukungnya agar bermanfaat bagi peningkatan kesejahteraan rakyat dari generasi ke generasi.
  • Meningkatkan pemanfaatan sumber daya alam dan lingkungan hidup dengan melakukan konservasi, rehabilitasi dan penghematan penggunaan dengan menerapkan teknologi ramah lingkungan.

Baca juga: Ini Fungsi dan Bagian-bagian Telinga, Siswa Sudah Paham?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com