Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Siswa, Ini Penerapan Nilai-nilai Pancasila dalam Kehidupan Sehari-hari

KOMPAS.com - Pancasila yang merupakan dasar negara Republik Indonesia memiliki makna dan nilai-nilai luhur dalam setiap sila-silanya.

Ini karena setiap butir pancasila itu dirumuskan dari nilai-nilai yang sudah ada sejak zaman dulu dalam kehidupan pribadi bangsa Indonesia.

Bagi siswa sekolah yang sedang belajar mengenai Pancasila, terlebih penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, maka ini penjelasannya.

Informasi dirangkum dari Jurnal Kewarganegaraan yang disusun oleh Yohana R.U. Sianturi dan Dinie Anggraeni Dewi dari Universitas Pendidikan Indonesia.

Adapun nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dari sila pertama sampai sila-sila kelima yang harus diaplikasikan atau dijabarkan dalam setiap kegiatan pengelolaan lingkungan hidup ialah:

Nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari

Sila pertama Pancasila

Dalam sila Ketuhanan Yang Maha Esa terkandung nilai religius, antara lain:

  • Kepercayaan terhadap adanya Tuhan Yang Maha Esa sebagai pencipta segala sesuatu dengan sifat-sifat yang sempurna dan suci seperti Maha Kuasa, Maha Pengasih, Maha Adil, Maha Bijaksana dan sebagainya.

Contohnya:

Sila kedua Pancasila

Sila Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab terkandung nilai-nilai perikemanusiaan yang harus diperhatikan dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam hal ini antara lain sebagai berikut:

  • Pengakuan adanya harkat dan martabat manusia dengan segala hak dan kewajiban asasinya.

Penerapan, pengamalan/ aplikasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, yaitu:

Sila ketiga Pancasila

Dalam sila Persatuan Indonesia terkandung nilai persatuan bangsa, dalam arti dalam hal-hal yang menyangkut persatuan bangsa patut diperhatikan aspek-aspek sebagai berikut:

  • Persatuan Indonesia adalah persatuan bangsa yang mendiami wilayah Indonesia serta wajib membela dan menjunjung tinggi (patriotisme).
  • Pengakuan terhadap Ke Bhinneka Tunggal Ika dan suku bangsa (etnis) dan kebudayaan bangsa (berbeda-beda namun satu jiwa) yang memberikan arah dalam pembinaan kesatuan bangsa.
  • Cinta dan bangga akan bangsa dan Negara Indonesia (nasionalisme).

Penerapan sila ini dalam kehidupan sehari-hari, antara lain:

Sila keempat Pancasila

Dalam sila Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan Perwakilan terkandung nilai-nilai kerakyatan.

Dalam hal ini ada beberapa hal yang harus dicermati, yakni:

  • Mewujudkan, menumbuhkan, mengembangkan dan meningkatkan kesadaran dan tanggung jawab para pengambil keputusan dalam pengelolaan lingkungan hidup.
  • Mewujudkan, menumbuhkan, mengembangkan dan meningkatkan kesadaran akan hak dan tanggung jawab masyarakat dalam pengelolaan lingkungan hidup.
  • Mewujudkan, menumbuhkan, mengembangkan dan meningkatkan kemitraan, masyarakat, dunia usaha dan pemerintah dalam upaya pelestarian daya dukung dan daya tampung lingkungan hidup.

Sila kelima Pancasila

Dalam sila Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia terkandung nilai keadilan sosial. Dalam hal ini harus diperhatikan beberapa aspek berikut antara lain:

https://edukasi.kompas.com/read/2022/08/09/083435171/siswa-ini-penerapan-nilai-nilai-pancasila-dalam-kehidupan-sehari-hari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke