Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Manfaat Buah Pisang, Bisa Jadi Sumber Tenaga

Kompas.com - 05/11/2022, 05:27 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu buah yang mudah didapatkan yakni pisang, ternyata mengandung segudang nutrisi yang penting bagi tubuh. Sebenarnya apa manfaat buah pisang?

Bagi anak-anak hingga orang dewasa, pisang bisa membantu sistem saluran pencernaan. Tak hanya itu saja, pisang juga mengandung banyak vitamin.

Melansir laman Universitas Medan Area (UMA), dijelaskan informasi mengenai manfaat buah pisang bagi tubuh seseorang.

Baca juga: Ini Penyebab dan Gejala Gagal Ginjal Akut, Info UMA

Manfaat buah pisang

1. Sumber vitamin B6

Manfaat pertama ialah sumber vitamin B6. Ini karena pisang mudah diserap oleh tubuh. Pada satu buah pisang berukuran sedang dapat menyediakan sekitar seperempat berasal dari kebutuhan vitamin B6 harian.

Vitamin ini berfungsi untuk menghasilkan sel darah merah, mengubah karbohidrat serta lemak menjadi tenaga, metabolisme asam amino, dan membantu membersihkan ginjal dan hati dari senyawa berbahaya.

2. Sumber vitamin C

Adapun manfaat buah pisang bagi kesehatan yang cukup krusial ialah jadi sumber vitamin C. Satu buah pisang berukuran sedang menyediakan sekitar 10 persen dari kebutuhan vitamin C harian.

Vitamin C berfungsi buat melindungi tubuh asal kerusakan sel serta jaringan, penyerapan zat besi, membantu produksi kolagen, serta kesehatan otak.

Baca juga: Macam Penyakit di Musim Hujan, Info UMA

3. Mengatasi masalah pencernaan

Pada beberapa penelitian menemukan manfaat butir pisang bagi pencernaan. Ini karena pisang ialah buah yang kaya serat, dan sangat penting bagi kesehatan saluran usus.

Pisang berukuran sedang menyediakan sekitar 10-12 persen berasal kebutuhan serat harian. Sangat direkomendasikan asupan serat kuliner harian 20 gram bagi perempuan dan 26 gram buat pria.

Serat larut dan tidak larut berperan penting pada kesehatan. Serat larut membantu tubuh mengontrol kadar gula darah serta membuang zat berlemak seperti kolesterol.

Serat tidak larut menambah berat dan kelembutan pada tinja, jadi memudahkan tubuh membuang air besar secara teratur. Ini membantu menjaga usus tetap sehat serta aman dari bakteri berbahaya.

4. Sumber tenaga

Sedang manfaat buah pisang selanjutnya yakni menjadi asal energi tubuh. Pisang juga mengandung tiga gula alami sukrosa, fruktosa serta glukosa. Jenis gula alami ini memberi tubuh asal energi yang bebas lemak dan kolesterol.

Baca juga: 5 Cara Mengobati Gusi Bengkak dan Bernanah, Info UMA

Karena itu, pisang sangat ideal, terutama buat anak-anak serta atlet, untuk sarapan, menjadi kudapan siang hari, atau sebelum serta selesainya olahraga.

5. Menjaga kulit

Tak hanya itu saja, buah pisang juga sangat baik bagi kesehatan kulit. Ini karena pisang kaya akan mineral mangan. Satu pisang ukuran sedang menyediakan lebih kurang 13 persen dari kebutuhan mangan harian.

Mangan membantu tubuh menghasilkan kolagen dan melindungi kulit dan sel lain asal kerusakan dampak radikal bebas.

6. Sumber kalium

Kalium pada pisang baik untuk kesehatan jantung serta tekanan darah. Pisang ukuran sedang menyediakan sekitar 320-400 mg kalium, yang memenuhi sekitar 10 persen berasal kebutuhan kalium harian.

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi dari UMA

Kalium membantu tubuh menjaga kesehatan jantung dan tekanan darah. Selain itu, pisang juga rendah sodium. Kombinasi natrium rendah dan kalium tinggi membantu mengontrol tekanan darah tinggi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com