Kompas.com - 17/08/2022, 13:03 WIB
|

KOMPAS.com - Saat si kecil sedang sakit pilek, tentu orang tua akan mencari cara mengatasi hidung tersumbat. Harapannya agar pilek bisa teratasi.

Apalagi jika masih bayi, maka bagi orangtua baru terkadang merasa bingung. Sebab, bayi menjadi tidak nyaman karena pernapasan yang cepat.

Adapun hidung tersumbat terjadi karena adanya penumpukan lendir yang menutupi saluran pernapasan hidung. Si kecil yang rewel memang membuat cemas orangtua.

Baca juga: 9 Bahan Alami Obat Asam Lambung dari UMA

Tapi, orangtua harus tetap tenang, kondisi ini bisa ditangani dengan cepat. Berikut ini beberapa cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi.

Melansir laman resmi Universitas Medan Area (UMA), Senin (9/5/2022), ini 7 cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi:

Cara mengatasi hidung tersumbat

1. Mandi air hangat

Cara pertama ialah dengan mandi air hangat. Selain memberi efek menenangkan pada si kecil, mandi air hangat juga bisa membantu meredakan gejala hidung tersumbat berkat uap panas yang dihasilkan.

Usap punggung dan dada bayi dengan perlahan untuk berikan kenyamanan pada si kecil juga dapat membantu bayi akan merasa lebih nyaman.

2. Bersihkan ingus dari hidung bayi

Terkadang, ingus dan lendir pada hidung bayi yang tidak dibersihkan dapat mengeras jika tidak dibersihkan. Sementara itu, anak bayi belum bisa mengeluarkan dan membersihkan ingusnya sendiri.

Baca juga: 5 Obat Batuk Alami, Info UMA

Maka dari itu, membersihkan hidung bayi secara rutin bisa mencegah dan mengatasi penyumbatan pada hidung bayi.

Bunda atau ayah juga bisa menggunakan cotton bud atau korek kuping yang telah dibasahi air hangat, kemudian usap pelan pada hidung bayi hingga ingus dan lendir terangkat.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.