Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Pilihan Buku agar Sukses Selesaikan Skripsi dan Tugas Akhir

Kompas.com - 05/11/2022, 08:35 WIB
Angela Siallagan,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Mahasiswa yang sedang berada di tingkat akhir, pasti akan melewati fase penyusunan skripsi sebelum mendapatkan gelar kelulusan. Penulisan skripsi bisa jadi bukanlah hal yang mudah, bahkan disebut sebagai tahap menakutkan karena mahasiswa harus mampu menyusun tulisan ilmiah yang tertata dan memiliki sub bab yang jelas sesuai topik penelitian yang diangkat.

Selain itu, penyusun skripsi juga harus mampu mempertanggungjawabkan tulisan ilmiahnya kepada dosen pembimbing tahap demi tahap, sebelum tiba waktunya ujian skripsi atau sidang.

Baca juga: Beasiswa S1 CIMB Niaga 2022 Dibuka Gratis Biaya Kuliah dan Skripsi

Melansir dari Gramedia.com, ada tujuh rekomendasi buku yang dapat kamu gunakan saat kamu sedang menjalani skripsi.

Buku-buku di bawah ini berisi tentang metodologi penelitian, tips menulis skripsi dengan mudah, dan lain-lain. Ada juga buku self improvement (pengembangan diri) agar kamu termotivasi dalam penulisan skripsi kamu.

7 rekomendasi buku untuk selesaikan skripsi

1. Sukses Sidang Skripsi (S3)

Buku ini khusus untuk mahasiswa yang sedang mempersiapkan diri menjelang sidang skripsi. Isi buku ini bukanlah buku penuh teori atau metode penelitian, tetapi dikemas dengan lebih bersahabat menggunakan bahasa yang ringan dan mudah dipahami oleh siapa pun.

Buku Sukses Sidang Skripsi (S3)Dok. Gramedia.com Buku Sukses Sidang Skripsi (S3)

Buku ini bisa menjadi teman cerita kamu ketika kamu sedang mengalami hal buruk dengan skripsi atau pembimbing kamu. Buku ini juga bisa membantu dan memberikan energi positif sehingga kamu bisa terus semangat mempersiapkan diri untuk sidang skripsi.

2. Pedoman Penulisan Skripsi, Tesis, Disertasi

Buku ini dirancang untuk memudahkan mahasiswa dalam menulis skripsi yang menyajikan sistematika penulisan skripsi, tesis, dan disertasi, baik itu teknik penulisan ilmiah, format-format penulisan, serta konten setiap unsur dalam tulisan ilmiah.

Buku Pedoman Penulisan Skripsi, Tesis, DisertasiDok. Gramedia.com Buku Pedoman Penulisan Skripsi, Tesis, Disertasi

Selain itu, buku ini juga berisi deskripsi detail tentang hal yang harus diketahui dan harus ditulis dalam sebuah skripsi, tesis, dan yang disertai dengan contoh-contoh untuk memudahkan pemahaman sebagai model. Dengan demikian, buku ini akan memandu kamu untuk menyusun tugas akhirmu secara sistematis, komprehensif, kohesif, koheren, logis, dan layak baca.

3. Sukses Menyelesaikan Tugas Akhir dan Skripsi dalam 30 Hari

Buku memberi tips dan trik buat kamu para deadliner! Agar skripsimu bisa segera selesai kamu memerlukan dorongan dan motivasi yang kuat, tetapi banyak hal yang menyebabkan penyelesaian skripsi terhambat sehingga menghantui para mahasiswa, mulai dari pemilihan judul yang tepat, penyesuaian dengan karakter dosen pembimbing kurangnya buku referensi, revisi, dan banvak hal lainnya.

Buku Sukses Menyelesaikan Tugas Akhir dan Skripsi dalam 30 HariDok. Gramedia.com Buku Sukses Menyelesaikan Tugas Akhir dan Skripsi dalam 30 Hari

Buku ini berisi strategi dan panduan khusus dalam menghadapi ketakutan selama menulis skripsi. Buku ini disusun dari pengalaman banyak orang yang telah berhasil melewati masa-masa petualangan dalam menyusun skripsi dan tugas akhir lainnya.

Baca juga: Mahasiswa Wajib Baca, Ini 4 Tips Mencari Judul Skripsi yang Menarik

Oleh karena itu, dengan membaca buku ini, kamu akan dituntun untuk menyelesaikan tugas akhir atau skripsi dengan cepat dan berkualitas. Harapannya, kamu dapat menyelesaikan skripsimu dalam 30 hari.

4. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif

Buku ini memaparkan materi tentang bab-bab yang sangat dibutuhkan untuk penelitian yang disusun secara lengkap dan praktis, sehingga bisa menjadi tuntunan bagi mahasiswa maupun peneliti kuantitatif dan kualitatif yang menghendaki adanya panduan penelitian yang praktis, lengkap, dan mudah dipahami.

Buku Metode Penelitian Kuantitatif dan KualitatifDok. Gramedia.com Buku Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif

Oleh karena itu, buku ini cocok kamu baca untuk mempelajari metode penelitian baik yang kuantitatif ataupun kualitatif.

5. Teknik Penulisan Tugas Akhir dan Skripsi Pemrograman

Bagi para mahasiswa jurusan komputer, diperlukan pemahaman dan pengetahuan tentang berbagai teori yang berkaitan dengan analisis perancangan sistem informasi atau rekayasa perangkat lunak yang meliputi teori mengenai sistem, informasi, teknologi, database, tabel, field, record, basis data, struktur data, ERD, DFD, normalisasi, flowchart, UML, use case diagram, activity diagram, sequence diagram, OOP, pemrograman terstruktur, metode migrasi, black box testing, white box testing, dan lain-lain.

Buku Teknik Penulisan Tugas Akhir dan Skripsi PemrogramanDok. Gramedia.com Buku Teknik Penulisan Tugas Akhir dan Skripsi Pemrograman

Buku ini membahas tentang semua hal yang disebutkan di atas secara lengkap dan sistematis mulai dari teori, fungsi, cara pembuatan hingga contoh-contohnya. Oleh karena itu, buku cocok dijadikan sebagai bahan referensi bagi para mahasiswa untuk menyusun tugas akhir atau skripsi pemrograman, khususnya bagi mahasiswa jurusan IT dan teknik.

Baca juga: 7 Cara Mencari Judul Skripsi yang Menarik, Cek Sekarang

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com