Kompas.com - 04/11/2022, 16:43 WIB

KOMPAS.com - Saat mahasiswa melamar beasiswa, salah satu tahapan yang dilalui adalah wawancara. Jangan bingung, sebab ada 20 contoh pertanyaan dan jawaban yang bisa dijadikan referensi.

Perlu diingat, penentu kelulusan yang cukup besar adalah wawancara. Oleh karena itu mahasiswa perlu latihan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul.

Dilansir dari laman Schoters, ada 20 pertanyaan wawancara yang sering ditanyakan dalam aplikasi beasiswa beserta contoh menjawab pertanyaan saat wawancara beasiswa. Cek daftarnya di bawah ini.

Baca juga: Ini 9 Program Kampus Merdeka, Mahasiswa Sudah Paham?

1. Ceritakan tentang dirimu sendiri

Ceritakan keunikanmu dengan cara berbeda dari yang ada di CV. Kalau bisa, yang tidak tercantum. 

Contoh jawaban: “I’m someone who is passionate and takes personal interest in accounting and finance. That’s why I plan to continue my study for a Master’s Degree in Finance, Accounting & Taxation and become a Finance Planning & Analyst expert. I am already a certified Financial Planner by FPSB. When I am not working, I really enjoy reading personal development books and volunteering at my local communities.”

2. Setelah dapat beasiswa dan lulus S2/S3 apa yang akan Anda lakukan ? dengan cara apa dan di mana?

Untuk menjawabnya, jelaskan rencana kontribusi masa depanmu dengan bidang studi yang kamu dalami dan visi lembaga pemberi beasiswa.

Contoh jawaban: “A Master’s Degree in Finance, Accounting & Taxation will equip me in becoming a renowned financial planner expert and my country’s ambassador. I am currently applying for internships in the Ministry of Finance affairs and one of the big 4 consulting firms. Also, I am getting the certifications I need and aim at giving back what I’ve earned to the community and my country.”

3. Jelaskan kekuatan dan kelemahan terbesar kamu

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.