Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Lama Kuliah S1, S2 dan S3? Lewat Batas Bisa "Drop Out"

Kompas.com - 11/12/2022, 14:37 WIB
Mahar Prastiwi,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Berapa lama untuk menyelesaikan kuliah di jenjang S1? Mungkin banyak calon mahasiswa yang bertanya tentang hal tersebut.

Sama seperti jenjang pendidikan lainnya, pendidikan di perguruan tinggi juga ada durasi yang sudah ditetapkan dan menjadi kebijakan kampus.

Seperti jenjang Sekolah Dasar (SD) normalnya diselesaikan dalam waktu 6 tahun. Sedangkan jenjang SMP dan SMA, biasanya diselesaikan dalam kurun waktu 3 tahun.

Melansir dari laman Pintek, Minggu (11/12/2022) masing-masing jenjang pendidikan tentunya memberikan jatah kesempatan belajar yang berbeda.

Baca juga: 5 Beasiswa dengan Uang Saku Besar, Ada yang Capai Rp 300 Juta

Berapa lama kuliah S1, S2 dan S3

Jika ada mahasiswa melewati batas kesempatan yang sudah diberikan, tentu ada konsekuensi yang diterima. Yakni drop out (DO) dari kampus.

Calon mahasiswa perlu mengetahui estimasi hitungan semester saat kuliah. Hal ini bermanfaat agar bisa menjadi target dalam menyelesaikan studi. Jika kamu terlalu santai dan terlena, bisa-bisa akan kewalahan mengikuti perkuliahan dan harus kuliah lebih lama dibanding teman-temanmu.

Berikut penjelasan mengenai durasi waktu yang diperlukan untuk kuliah S1, S2 dan S3. Yuk simak penjelasannya.

1. Durasi kuliah D2, D3, dan D4

Sebelum membahas berapa lama kuliah di jenjang S1, S2 dan S3, ketahui terlebih dahulu durasi kuliah di pendidikan vokasi yakni di jenjang D2, D3 dan D4.

Durasi yang dibutuhkan untuk menyelesaikan studi D2, D3 dan D4 relatif lebih singkat dibanding S1. Berikut penjelasannya.

Kuliah jenjang D2 waktu maksimalnya hanya 4 semester atau 2 tahun. Sedangkan untuk kuliah D3 waktu maksimalnya 6 semester atau 3 tahun dan untuk D4 waktu maksimalnya 8 semester atau 4 tahun.

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Anak Bandel dan Susah Diatur Tanpa Harus Dimarahi

2. Durasi kuliah S1

Calon mahasiswa yang akan kuliah S1, biasanya akan menempuh 8 sampai 14 semester. Setidaknya mahasiswa menghabiskan sistem kredit semester (SKS) selama 8 semester atau sekitar 4 tahun.

Jika dalam rentang waktu ini belum selesai, masih ada kesempatan tambahan yang diberikan pihak kampus hingga semester ke-14 atau sekitar 7 tahun.

Jadi bisa dikatakan kuliah S1 bisa ditempuh paling cepat 3,5 tahun hingga 4 tahun dan maksimal 7 tahun masa studi.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com