Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tips Liburan Hemat, Cocok bagi Mahasiswa atau Keluarga

Kompas.com - 17/12/2022, 08:34 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Sebentar lagi masuk liburan akhir tahun. Bagi yang suka traveling tentu bisa memanfaatkan waktu liburan, baik itu sendiri atau bersama keluarga.

Secara khusus bagi para mahasiswa yang ingin liburan dengan dana terbatas, maka butuh tips liburan hemat. Seperti apa tipsnya?

Meski murah tetapi semua bisa diatur sehingga liburan menjadi menyenangkan. Apakah kamu tertarik?

Melansir laman Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), berikut ini 7 tips liburan hemat yang bisa dicoba mahasiswa atau keluarga.

Baca juga: Mahasiswa Ingin Liburan Akhir Tahun? Ini 5 Destinasi Anti Mainstream

Tips liburan hemat

1. Coba rencanakan jauh hari

Sebelum hari H, maka kamu bisa membuat perencanaan liburan dari jauh-jauh hari. Ini agar anggaran bisa kamu persiapkan secara khusus untuk liburan.

Atau sebelum memulai liburan, sebaiknya rencanakan dulu di mana, kapan, dengan siapa, dan berapa lama. Jika kamu sudah mengetahui destinasi liburan yang akan dituju, sebaiknya cari tahu juga wisata apa saja yang tersedia di sana.

Selain itu atur rencana perjalanan dari hari pertama hingga hari terakhir dan dapatkan hasil maksimal dari perjalanan kamu.

2. Hindari saat tanggal merah

Karena liburan hemat, maka kamu juga harus menghindari tanggal merah. Sebab, harga tiket saat tanggal merah akan mahal. Atau di tempat-tempat wisata juga akan ramai pengunjung.

3. Manfaatkan tiket promo

Adapun tips liburan hemat lainnya ialah dengan mencari tiket promo. Kini ada banyak penawaran dari berbagai iklan. Seperti tiket pesawat, hotel dan pilihan lainnya.

Baca juga: Ingin Liburan? Ini Tips Kelola Jadwal Cuti Kerja dari Alumni UGM

4. Siapkan akomodasi sesuai dana

Tips lainnya ialah mengatur anggaran dengan baik. Jadi, nanti kamu tidak akan kehabisan dana saat berwisata atau liburan akhir tahun.

Jika ingin reservasi hotel, maka cari yang hemat dan sesuai dana. Jangan terlalu memaksa untuk mencari yang "wah" tapi justru mahal.

5. Survey lokasi

Sedangkan tak kalah penting ialah mensurvey lokasi liburan. Semua bisa dilihat dari website, mulai dari biaya hingga tingkat kenyamanan atau kepuasan para pengunjung.

Setelah itu, baru pilih destinasi liburan favorit kamu dengan harga yang sesuai dengan budget kamu.

6. Utamakan kenyamanan

Jika ingin hemat, maka kamu harus mencari yang nyaman bagi diri kamu. Bukan mencari kemewahan. Jadi, tujuan kamu bisa tercapai bisa liburan hemat tapi menyenangkan.

7. Bawa uang yang cukup

Untuk tips liburan hemat terakhir ialah kamu harus membawa uang secukupnya saja. Jangan terlalu banyak, nanti malah tergoda untuk berbelanja yang tidak diperlukan.

Baca juga: Mahasiswa Berprestasi Unair Bagikan Tips Mengisi Waktu Liburan

Maka dari itu, mahasiswa atau keluarga yang ingin liburan akhir tahun bisa menyusun anggaran untuk pengeluaran. Sehingga nanti tidak membengkak atau malah uang tidak cukup.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com