Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gerakan "Hero4edu" Bantu Tingkatkan Kesejahteraan 2.000 Guru Daerah 3T

Kompas.com - 30/03/2023, 17:00 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Berdasarkan data dari UNESCO dalam laporan Global Education Monitoring (GEM) tahun 2016, pendidikan di Indonesia menduduki peringkat ke-10 dari 14 negara berkembang, sedangkan dari segi kualitas guru, Indonesia menempati peringkat ke-14 dari 14 negara berkembang.

Padahal, sejumlah penelitian menyatakan bahwa kualitas seorang guru sangat penting untuk membentuk karakter dan kesejahteraan anak.

Guru yang berkualitas cenderung memiliki efek jangka panjang pada kehidupan seorang anak, mulai dari aspek sosial, ekonomi, hingga kehidupan professional nantinya.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Abdullah Azwar Anas menyatakan bahwa saat ini jumlah guru ada pada angka 3,31 juta orang, namun persebaran guru masih tidak merata dan cenderung berpusat di pulau Jawa.

Baca juga: Beasiswa bagi Guru ke Jepang 2023, Uang Saku Rp 16 Juta Per Bulan

Beberapa faktor yang menyebabkan hal ini antara lain kurangnya pemerataan kualitas pendidikan, terbatasnya fasilitas pendidikan, biaya pendidikan yang mahal, serta masalah kesejahteraan guru yang perlu mendapat perhatian serius.

Kondisi kesejahteraan kerap menjadi tantangan para pahlawan pendidikan di garda terdepan ini, khususnya bagi guru di daerah 3T (Terdepan, Terluar, dan Tertinggal). Salah satu tantangan utama yang dihadapi oleh para guru adalah soal kesejahteraan.

Menurut Peraturan Presiden Nomor 63 Tahun 2020, terdapat 62 daerah 3T yang tersebar di seluruh negeri, di mana daearah-daerah ini seringkali menghadapi masalah kekurangan guru yang berkualitas, tingkat putus sekolah yang tinggi, rendahnya kesejahteraan para guru honorer, serta kesulitan aksesibilitas ke lokasi sekolah yang sering menambah beban operasional transportasi.

Oleh karena itu, perjuangan para pahlawan pendidikan ini patut diapresiasi, didukung, dan diperlukan dukungan lebih banyak pihak untuk berkontribusi positif dan membantu memecahkan masalah yang dihadapi oleh para guru di daerah 3T.

Baca juga: Beasiswa Kursus Bahasa Mandarin 2023, Uang Saku Rp 12 Juta Per Bulan

Guna menciptakan perubahan dalam dunia pendidikan Indonesia demi generasi muda yang lebih unggul dengan mendukung gerakan pemberdayaan guru daerah 3T, YCAB Foundation mengajak seluruh masyarakat untuk mengumpulkan dana dengan olahraga virtual (berjalan/ berlari/ bersepeda) sambil berdonasi menggunakan mekanisme crowdfunding sejak November 2022.

Penggalangan dana untuk program gerakan sosial "Hero4edu" yang diinisiasi YCAB Foundation dan didukung United Creative dan kolaborasi bersama Benih Baik telah berakhir dan mendapatkan respon positif dari masyarakat.

Terbentuknya program ini berangkat dari kesadaran akan pentingnya memajukan pendidikan di Indonesia yang mana kualitas dan kesejahteraan para guru menjadi salah satu faktor penting dalam pertumbuhan kualitas pendidikan.

Berkat dukungan para donatur, program "Hero4edu" berhasil mengumpulkan lebih dari 6 miliar rupiah, yang akan digunakan untuk memberdayakan 2.000 guru di daerah 3T di seluruh Indonesia.

Dana tersebut akan disalurkan oleh YCAB Foundation secara bertahap di 10 wilayah di Indonesia antara Februari sampai April 2023.

Baca juga: Beasiswa S1-S2 Brunei Darussalam 2023, Tunjangan Rp 7 Juta Per Bulan

Para guru akan mendapatkan bantuan keuangan dan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis, sehingga mereka dapat memberikan pendampingan dan pembinaan yang lebih baik bagi siswa mereka.

YCAB juga berkolaborasi dengan Benih Baik untuk melakukan verifikasi data guru, terutama para guru yang memenuhi persyaratan untuk menerima bantuan.

“Guru adalah pahlawan pendidikan, karena itu pemberdayaan dan peningkatan kesejahteraan mereka sangat penting dalam keberlanjutan pertumbuhan pendidikan di Indonesia. Kami berterima kasih yang sedalam-dalamnya kepada para pihak dan individu yang telah mendukung dan memberikan kontribusi untuk program "Hero4edu" . Dengan bantuan Anda, masa depan anak bangsa lebih bersinar berkat kualitas pendidikan yang lebih baik,” ujar Veronica Colondam, Pendiri dan CEO YCAB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com