Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ragam Fasilitas Berbuka Puasa bagi Mahasiswa di Harvard hingga USU

Kompas.com - 05/04/2023, 17:03 WIB
Dwi Oktariana,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Perbedaan waktu sahur dan buka puasa, cuaca, kondisi lingkungan hingga jauh dari keluarga membuat sebagian mahasiswa yang berkuliah di luar negeri mengalami tantangan tersendiri.

Tetapi, saat ini sudah banyak kampus di luar negeri yang sangat mendukung dan bahkan memberikan fasilitasnya untuk mahasiswa muslim serta mahasiswa internasional yang berpuasa saat Ramadan.

Baca juga: 6 Universitas di Luar Negeri dengan Biaya Kuliah S2 Paling Murah

Beberapa diantaranya ada Utah State University, University of Calgary, Manchester Metropolitan University, dan Harvard University. Keempat kampus dunia tersebut banyak memberikan dukungan kepada mahasiswanya agar dapat berpuasa dengan lancar.

Dilansir dari laman Instagram persiapan beasiswa luar negeri @schoters, berikut dukungan yang diberikan keempat kampus tersebut kepada mahasiswanya yang menjalankan ibadah puasa Ramadan.

1. Harvard University

Komunitas muslim di Harvard terbilang besar sehingga Tarawih bersama seusai buka bersama kerap dilakukan.

Harvard juga memberikan makanan gratis untuk berbuka dan sahur bagi mahasiswa selama Ramadan. Makanan gratis tersebut bahkan bisa dibawa pulang.

Baca juga: 10 Jurusan S2 Luar Negeri Bergaji Tinggi, Perminyakan hingga Finance

2. University of Calgary (Kanada)

Salah satu kampus top 10 di Kanada ini memberikan dukungan saat Ramadan dengan cara mendorong relasi dan toleransi antarstaf dan mahasiswanya yang berbeda agama. Cara ini dilakukan agar mereka tidak merasa “homesick” dan menumbuhkan rasa kebersamaan.

Tidak hanya itu, University of Calgary mengimbau para dosennya untuk memberikan waktu istirahat sejenak apabila ada ujian di saat jam berbuka puasa. Tahun ini, mereka juga memberikan hari libur pada 20-21 April.

3. Manchester Metropolitan University (Inggris)

MMU secara khusus mengadakan buka puasa bersama bagi para mahasiswanya yang beragama Islam pada minggu pertama bulan Ramadan. Kampus ini juga ikut berpartisipasi dalam acara MACFEST, yaitu festival seni dan budaya muslim.

Selain itu, komunitas mahasiswa muslim yang ada di sana juga mengadakan charity stall dengan menjual kue serta teh untuk penggalangan dana kemanusiaan.

Baca juga: Ahli Gizi UGM: Ini Pilihan Menu Sehat Selama Puasa Ramadhan

4. Utah State University (Amerika Serikat)

Kampus yang berlokasi di negara bagian Utah, Amerika Serikat ini memberikan fasilitas dengan menyediakan makanan halal kepada mahasiswanya yang menjalankan ibadah puasa. Bahkan, USU secara khusus berkolaborasi dengan restoran-restoran lokal dalam menyediakan makanan halal untuk buka puasa.

Itulah 4 kampus luar negeri yang memberikan dukungan kepada mahasiswanya saat bulan Ramadan. Keempat kampus tersebut bisa menjadi referensi kamu dalam memilih kampus yang akan dituju untuk kuliah di luar negeri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com