Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KBRI Seoul Beri Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Warga Korea

Kompas.com - 10/04/2023, 18:00 WIB
Valencia Putri,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - KBRI Seoul kembali membuka pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) Batch 4 untuk warga negara Korea, pekan lalu.

Acara ini diikuti oleh 542 peserta baik yang melalui Zoom maupun kanal YouTube KBRI Seoul. Pemelajar BIPA Korea terbagi ke dalam 14 kelas, mulai level 1 sampai dengan level 5 yang diampu oleh 10 pengajar BIPA Lokal.

Kepala Pusat Penguatan dan Pemberdayaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Iwa Lukmana menyampaikan apresiasi kepada KBRI Seoul yang telah memberikan layanan BIPA Korea dengan jumlah peserta yang terus meningkat di setiap gelombang.

Internasionalisasi bahasa Indonesia di Korea Selatan merupakan diplomasi budaya yang efektif mengingat pengaruh budaya Korea yang semakin kuat di Indonesia.

“BIPA Korea dapat menjadi katalisator dalam mempererat hubungan bilateral kedua negara yang saat ini memasuki usia ke 50 tahun, BIPA akan mempermudah hubungan kedua negara dalam semua sektor termasuk people-to-people relation antara warga Indonesia dan Korea,” tutur Iwa Lukmana seperti dilansir melalui laman Kemendikbud Ristek.

Baca juga: Perpusnas: Indonesia Masih Kekurangan 439.680 Pustakawan

Atase Pendidikan dan Kebudayaan, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Seoul, Gogot Suharwoto, menjelaskan bahwa BIPA Korea Batch 4 tahun 2023 menggandeng Asosiasi Pengajar dan Pegiat BIPA (APPBIPA) Korea dalam menjalankan pembelajarannya.

“Untuk memperkuat penyampaian materi pembelajaran BIPA, khususnya materi berbicara, KBRI Seoul akan memberikan pembelajaran BIPA secara tatap muka di KBRI Seoul, meskipun jumlah yang terbatas,” ungkap Gogot Suharwoto.

Layanan BIPA Korea saat ini makin banyak diminati oleh WN Korea, sehingga kebutuhan terhadap keberadaan tenaga pengajar juga terus meningkat. Namun, sampai saat ini di Korea baru ada dua kampus yang memiliki program studi bahasa Indonesia sehingga perlu dibantu oleh pengajar BIPA lulusan Indonesia yang saat ini sedang di Korea.

Baca juga: 4 Jalur Masuk dan Kuota PPDB Jenjang SD, SMP, SMA

Rieke Erlitasari, selaku Ketua APPBIPA Korea menyampaikan apresiasi kepada KBRI Seoul atas kesempatan dan kerjasamanya dalam memberikan layanan BIPA Korea sejak 2021. Pihaknya berkomitmen untuk terus meningkatkan kompetensi, memberikan fasilitas dan advokasi bagi pengajar BIPA Korea.

Seperti pada pembelajaran BIPA sebelumnya, di akhir pelaksanaan pembelajaran akan diberikan kesempatan bagi peserta BIPA untuk unjuk karya BIPA Korea berupa video mendongeng, membaca puisi, dan mempromosikan tempat wisata Indonesia di Korea. Kegiatan final lomba tersebut akan diadakan di KBRI Seoul dan bagi pemenang akan diberikan piagam penghargaan dan hadiah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com