Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buku "Sulung dan Nyonya Ai", Kisah Sulung Landung Memulihkan Luka Batin

Kompas.com - 03/06/2023, 14:21 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Berbeda dengan buku-buku sebelumnya yang lebih banyak mengupas seluk-beluk profesinya sebagai manajer artis kenamaan Indonesia, dalam buku terbaru Sulung dan Nyonya Ai, Sulung Landung membuka sisi dari dirinya yang mengalami luka batin.

Sulung Landung adalah manajer artis kawakan sekaligus pendiri Avatara88 Artist Management.

Ia telah mengelola artis-artis papan atas seperti Nicholas Saputra, Vino G. Bastian, Dion Wiyoko, Adinia Wirasti, Lukman Sardi, Julie Estelle, Asmara Abigail, dan masih banyak lagi.

Namun, di balik keglamoran dunia hiburan yang ia geluti dan kariernya yang gemilang, tersembunyi sosok Sulung kecil yang penuh luka batin akibat pengalaman masa lalu yang terus mengusik benak Sulung dewasa.

Baca juga: Rilis Buku Alien, Lee Chanhyuk “AKMU” Dorong Anak Muda Terima Perbedaan

“Sewaktu kecil, saya mengalami perundungan dan beberapa peristiwa traumatis yang melibatkan Ibu saya. Saya mengunci semua kejadian tersebut rapat-rapat dan tidak pernah menceritakannya kepada siapa pun, sampai saya terpukul atas satu kejadian cukup besar yang terjadi dalam hidup saya saat dewasa. Dari situlah, saya menyadari kalau saya belum bisa berdamai dengan trauma di masa lalu dan harus mencari cara untuk memulihkan luka agar bisa hidup secara penuh,” tutur Sulung.

Dalam buku yang paling personal ini, Sulung bercerita tentang perjalanan hidupnya dari kecil hingga dewasa yang didampingi oleh Nyonya Ai, sang ibu yang sangat ia cintai, tapi di saat yang sama hubungan pahit manis di antara mereka banyak menimbulkan luka batin dalam diri Sulung.

Cara Nyonya Ai membesarkan Sulung sedikit banyak membentuk kepribadiannya yang tangguh untuk bertarung di Jakarta sebagai anak rantau.

Namun, sikap Nyonya Ai saat berinteraksi dengan Sulung tanpa disadari juga menorehkan luka yang hingga puluhan tahun kemudian ternyata masih "basah".

Pada akhirnya, Sulung dan Nyonya Ai mampu menemukan jalan dan titik terang untuk menambal lubang-lubang di jalan, yang membuat mereka berdua bisa melangkah dengan lebih baik.

Baca juga: Gramedia Pustaka Utama-CPM Siap Angkat 3 Novel ke Layar Sinema

Lewat prosesnya menelanjangi diri untuk penyembuhan luka-luka masa kecil yang begitu membekas hingga dewasa, Sulung membagikan kisah perjalanannya mengenal luka yang selama bertahun-tahun ia kunci dengan sangat rapat, dan mencari jalan untuk berdamai dengan dirinya sendiri.

Buku ini sangat tepat untuk menemani siapa saja yang sedang dalam perjalanan memulihkan diri dari luka-luka masa lalu, agar dapat berdamai dengan diri sendiri dan menemukan kebahagiaan dalam hidup.

Buku Sulung dan Nyonya Ai resmi dirilis oleh Penerbit Gramedia Pustaka Utama dan kini tersedia di toko buku daring, luring, serta berbagai toko daring di marketplace yang bekerja sama dengan Gramedia Pustaka Utama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com