Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Kerja Bidang Teknologi tapi Bukan Lulusan IT? Lakukan 5 Hal Ini

Kompas.com - 12/06/2023, 11:13 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Seiring berjalannya waktu, latar belakang pendidikan bukan satu-satunya penentu profesi apa yang akan kamu kerjakan setelah lulus.

Mempelajari skill baru di era digital menjadi bekal penting bagi lulusan yang ingin terjun ke bidang teknologi.

Terlebih, World Economic Forum hingga tahun 2025 menyebut sejumlah pekerjaan di bidang teknologi menjadi profesi yang cukup menjanjikan.

Salah satunya ialah profesi Data Scientist, banyak orang beranggapan bahwa jika bekerja di bidang data harus memiliki latar belakang pendidikan bidang IT.

Baca juga: Intip 10 Pekerjaan Paling Dibutuhkan di Tahun 2025

Padahal, kini banyak praktisi data profesional yang memiliki beragam latar belakang pendidikan dan berkesempatan meniti karier di industri data.

Dilansir dari DQLab Universitas Multimedia Nusantara terdapat 5 cara yang bisa dilakukan untuk bekerja di bidang data bagi tanpa memandang background pendidikan.

1. Mulai mempelajari bahasa pemrograman

Bahasa pemrograman menjadi skill wajib untuk bekerja di bidang data, karena bahasa pemrograman akan membantu praktisi data dalam menganalisis dan mengolah data.

Terdapat beberapa bahasa pemrograman yang tersedia untuk dipelajari dan juga ada bahasa pemrograman yang populer atau sering digunakan di kalangan praktisi, yaitu Python, R, dan SQL.

Untuk menguasai bahasa pemrograman, tidak harus menggunakan semuanya. Kamu bisa memilih bahasa pemrograman yang mudah kamu pahami atau yang bisa diaplikasikan sesuai dengan kebutuhan di bidang kerja yang akan kamu geluti.

Baca juga: Kominfo-DQLab Buka Beasiswa Data Science untuk Umum dan Pemula

2. Mengikuti komunitas atau seminar

Setelah mempunyai ilmu fundamental, cara terbaik untuk bisa mengasah kemampuan dalam belajar Data Science yaitu mengikuti sejumlah seminar atau bergabung pada komunitas belajar Data Science.

Mengingat sudah banyaknya peminat belajar Data, kamu bisa jadikan komunitas tersebut sebagai tempat menambah wawasan baik dengan berbagi ilmu, tempat berbagi pengalaman bersama praktisi data serta memperluas jaringan di industri bidang data.

3. Mengikuti kursus Data Science

Solusi agar kamu bisa memperdalam pembelajaran Data Science, salah satunya dengan mengikuti kursus Data Science.

Melalui kursus Data Science, akan mendapatkan roadmap pembelajaran Data Science dan pengalaman belajar secara mendalam bersama mentor praktisi data profesional yang ahli di industri dan berkesempatan bekerja di bidang data.

Selain memperdalam ilmu, melalui kursus online juga nantinya akan mendapatkan sertifikat sebagai bentuk bahwa kamu telah menyelesaikan kursus dan sudah menguasai ilmu Data Science.

Seperti kursus DQLab UMN misalnya, memberikan sejumlah program belajar melalui LiveClass untuk pemula sekalipun dan berkesempatan berkarir sebagai praktisi data di industri.

Baca juga: Panduan 9 Rumus Excel Lengkap bagi Mahasiswa-Fresh Graduate

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com