Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Jurusan SMK Miliki Peluang Karier Menjanjikan di Masa Depan

Kompas.com - 17/06/2023, 14:41 WIB
Valencia Putri,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dalam era perkembangan teknologi dan persaingan global yang semakin ketat, penting bagi para siswa untuk memilih jurusan SMK yang sesuai dengan kebutuhan masa depan.

Memilih jurusan yang dibutuhkan di masa depan akan memberikan mereka peluang karier yang lebih baik dan mempersiapkan mereka untuk tantangan yang akan mereka hadapi di dunia kerja.

Selain itu, dengan mempertimbangkan minat dan bakat pribadi serta peluang karier yang ditawarkan oleh setiap jurusan, para siswa dapat membuat keputusan yang cerdas untuk masa depan mereka.

Melansir laman Ruangguru, berikut 10 Jurusan SMK yang menjanjikan di masa depan. Bisa menjadi referensi dan dipilih oleh calon siswa.

Baca juga: UGM Komitmen Jadi Kampus yang Ramah Disabilitas

10 Jurusan SMK yang memiliki peluang karir menjanjikan

1. Jurusan Administrasi Perkantoran

Dalam jurusan SMK ini, kamu akan mempelajari tentang tugas-tugas administratif di lingkungan perkantoran. Kamu akan diberikan pengetahuan tentang pengaturan surat-menyurat, pengetikan dokumen, dan pengelolaan arsip penting di kantor.

Jurusan ini cocok untuk mereka yang cermat dan detail. Peluang kariernya sangat luas, kamu dapat bekerja sebagai sekretaris, petugas administrasi, kearsipan, resepsionis, dan banyak lagi.

2. Jurusan Akuntansi

Jurusan Akuntansi adalah salah satu yang paling diminati di SMK. Kamu akan belajar tentang berbagai transaksi keuangan, termasuk pencatatan, pengelolaan, pengelompokan, dan penyajian data.

Lulusan jurusan Akuntansi SMK juga dapat bersaing dengan lulusan Akuntansi dari perguruan tinggi. Kamu dapat bekerja di perusahaan besar sebagai staf bidang akuntansi, perbankan, auditor internal, dan sebagainya.

Baca juga: 4 Tips Memilih SMK

3. Jurusan Analis Kimia

Jurusan Analis Kimia adalah salah satu yang paling dicari di dunia kerja. Di jurusan ini, kamu akan mempelajari berbagai aspek ilmu kimia, termasuk kimia murni dan terapan. Kamu akan mempelajari berbagai hal tentang laboratorium kimia, peralatan industri kimia, operasi teknik kimia, dan sebagainya.

Setelah lulus, kamu memiliki berbagai prospek karier, seperti staf laboratorium, analis mikrobiologi, penelitian dan pengembangan, serta pengendalian kualitas di perusahaan pemerintah atau farmasi.

4. Jurusan Animasi

Industri animasi berkembang pesat saat ini. Animasi adalah produk global yang dapat dinikmati oleh berbagai kalangan. Animasi juga digunakan secara luas sebagai alat pemasaran yang menjanjikan karena menarik dan mudah dipahami oleh masyarakat.

Baca juga: Bangun Kekuatan Riset dan Inovasi, Binus Luncurkan Aplikasi BRIDGE

5. Jurusan Bisnis dan Pemasaran

Jurusan Bisnis dan Pemasaran adalah pilihan yang baik jika kamu ingin cepat mendapatkan pekerjaan setelah lulus. Setiap jenis usaha membutuhkan pengetahuan bisnis dan pemasaran untuk mengembangkan bisnisnya.

Di jurusan ini, kamu akan mempelajari keterampilan dalam mengelola bisnis online, pemasaran, penataan produk, inovasi produk, perencanaan bisnis, administrasi transaksi, dan ritel. Ilmu yang luas di bidang bisnis dan pemasaran ini akan memudahkan kamu bekerja di berbagai industri.

6. Jurusan Broadcasting

Jika kamu memiliki kemampuan berbicara di depan umum dan rasa percaya diri yang tinggi, jurusan Broadcasting sangat cocok untukmu. Industri penyiaran radio dan televisi terus berkembang pesat. Selain itu, kamu juga dapat bekerja sebagai staf untuk YouTuber terkenal.

7. Jurusan Desain Grafis / Multimedia

Keterampilan desain grafis dan multimedia sangat diperlukan dalam era digital ini. Kamu akan belajar membuat teks, gambar, video, dan animasi menggunakan berbagai perangkat lunak desain.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com