Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/06/2023, 19:49 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Lulus dari jenjang SMP/sederajat tentu pilihannya mau lanjut SMA atau SMK. Karena itu semua harus disesuaikan dengan minat dan bakat.

Selain itu juga perlu berbagai pertimbangan yang matang, mulai dari pilihan sekolah menengah yang sifatnya umum atau yang kejuruan, prospek sekolah di masa depan, hingga biayanya.

Namun bagi yang suka dengan praktik, maka bisa memilih untuk melanjutkan ke jenjang SMK. Maka dari itu, calon siswa SMK juga butuh tips memilih SMK.

Apalagi saat ini biaya pendidikan juga semakin tinggi. Tak heran orangtua dengan pendapatan menengah ke bawah juga ingin menyekolahkan anaknya ke SMK.

Baca juga: 5 Tips Membuat Ayam Goreng Crispy ala LKP Jogja Culinary School

Pilihan sekolah yang bisa mempersiapkan siswa untuk langsung bekerja, terkadang menjadi pertimbangan tersendiri bagi orangtua ataupun siswa saat memilih sekolah.

Selain biaya sekolah dan kualitas pendidikan. Tentu salah satunya adalah saat memilih sekolah menengah kejuruan (SMK).

Tidak seperti beberapa hingga puluhan tahun lalu, SMK kini kian diminati. Bahkan, hasil survei Kemendikbud Ristek bersama Markplus Inc menunjukkan, 82 persen masyarakat tertarik dengan SMK.

Meski demikian, pilihan SMK juga beragam. Setidaknya ada lebih dari 14.000 SMK di seluruh Indonesia dengan 49 pilihan program studi dan 146 kompetensi.

Agar tak bingung, berikut tips memilih SMK. Informasi dirangkum dari laman Ditjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud Ristek, Minggu (4/6/2023).

Tips memilih SMK

1. Tentukan dulu jurusan yang benar-benar diinginkan

Tentunya, jurusan akan menentukan bidang atau kompetensi apa yang akan dipelajari. Jadi, sebaiknya pikirkan baik-baik jurusan yang akan diambil, jangan sampai salah jurusan.

Untuk menentukannya, mulailah dengan mengenali passion kalian. Misalnya saja, jika passion kalian memasak, maka tidak ada salahnya untuk memilih SMK jurusan tata boga.

Baca juga: Fresh Graduate, Ini 7 Tips Lolos Psikotes dalam Seleksi Kerja

2. Cari info SMK terbaik di jurusan tersebut

Kini terdapat banyak cara untuk menggali informasi tentang sekolah yang kamu incar. Harus diingat, ada banyak sekolah dengan jurusan yang sama seperti yang kamu inginkan.

Jadi, risetlah sekolah dengan jurusan terbaik yang kamu inginkan. Misalnya dari fasilitas-fasilitas pendukung pada jurusan yang kamu inginkan di sekolah tersebut, industri mana saja yang sudah bekerja sama maupun program-program yang ada.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com