Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Dapat Beasiswa SMA yang Bisa Dicoba Siswa

Kompas.com - 18/06/2023, 14:30 WIB
Mahar Prastiwi,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Cara mendapatkan beasiswa SMA perlu diketahui siswa yang sedang membutuhkan bantuan biaya pendidikan lewat program beasiswa.

Bagi siswa SMA yang sedang mencari beasiswa, ada cara yang bisa dilakukan untuk dapat beasiswa.

Ada banyak keuntungan yang diperoleh jika berhasil meraih beasiswa. Selain meringankan biaya sekolah, ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari beasiswa.

Seperti, mendapat uang saku bulanan, uang transportasi gratis khusus bagi penerima beasiswa di luar negeri, meningkatkan jejaring pertemanan atau relasi, sampai mempermudah kamu untuk masuk ke universitas favorit.

Baca juga: Cek Biaya Kuliah Unisba 2023, Jurusan Apa Paling Murah?

Cara dapat beasiswa SMA

Indonesia merupakan salah satu negara di Asia yang sangat terbuka dengan adanya peluang-peluang beasiswa sekolah. Khususnya bagi calon peserta didik kurang mampu dan juga siswa berprestasi.

Peluang untuk mendapatkan beasiswa juga terbuka lebar. Melansir laman sekolah SMA Dwiwarna di Bogor, Minggu (18/6/2023) membagikan cara mendapatkan beasiswa SMA yang bisa kamu coba. Simak informasinya ya.

1. Tentukan sekolah pilihan

Sebelum mendaftar program beasiswa, kamu harus menentukan sekolahmu terlebih dahulu. Jangan lupa untuk mencari informasi sekolah, mulai dari kurikulum, status sekolah, akreditasi, fasilitas, tenaga pendidik, sampai aktivitas siswa.

Kamu bisa mencari informasi tersebut melalui media sosial, website, atau tanya langsung. Tentukan sekolah pilihanmu dengan hati-hati. Karena, sekolah akan jadi tempat kamu menghabiskan banyak waktu untuk belajar dan bersosialisasi.

Baca juga: Dimana Melihat Pengumuman UTBK SNBT 2023? Catat Link dan Jamnya

2. Cari peluang program beasiswa

Cara kedua mendapatkan beasiswa SMA yakni dengan mencari informasi mengenai program beasiswa melalui internet atau media sosial.

Salah satu website yang kami rekomendasikan adalah milik Kemendikbud Ristek. Biasanya pihak kementerian akan memberi informasi mengenai beasiswa baik untuk calon peserta didik sekolah atau kuliah.

Jika kamu memilih sekolah swasta, biasanya sekolah swasta memiliki program beasiswanya sendiri. Kamu bisa membuka website sekolah pilihanmu atau langsung bertanya kepada pihak sekolah.

3. Kenali lembaga yang menyelenggarakan

Setelah menemukan program beasiswa yang sesuai, kenali juga lembaga yang menyelenggarakan. Apakah yang menyelenggarakan adalah pemerintah atau swasta.

Hal tersebut disebabkan, setiap program memiliki syarat tertentu. Salah satunya, syarat program beasiswa dari swasta yang seringnya terikat dengan yayasan itu sendiri.

Baca juga: Jalur Mandiri UB 2023 Dibuka, Bisa Pakai Nilai Rapor dan UTBK 2023

4 Ketahui tipe beasiswa

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com