Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Berkenalan dengan PKBM HolyStar, Homeschooling Multinasional Kurikulum USA

Kompas.com - 24/06/2023, 09:15 WIB
Yakob Arfin Tyas Sasongko,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Keberadaan homeschooling semakin marak dan mulai menjadi tren dunia pendidikan di Tanah Air, terutama di kawasan perkotaan.

Sistem belajar mandiri di rumah tersebut dinilai penting bagi sejumlah orangtua lantaran dapat memberikan pendidikan yang nyaman serta berkualitas bagi buah hati mereka.

Homeschooling sendiri mengedepankan pendekatan berbeda jika dibandingkan sekolah konvensional. Untuk memberikan kenyamanan kepada siswa, homeschooling menerapkan pendekatan kekeluargaan serta fleksibilitas dalam sistem belajar mengajar.

Gaya belajarnya pun dapat disesuaikan dengan kondisi serta preferensi siswa serta dapat dilakukan kapan dan di mana saja.

Ada tiga macam model homeschooling. Pertama, homeschooling tunggal, yakni hanya dilaksanakan satu keluarga. Kedua, homeschooling majemuk yang dilaksanakan beberapa keluarga. Ketiga, homeschooling yang dilakukan dalam suatu komunitas.

Baca juga: Pangeran William Curhat tentang Sulitnya Jadi Guru Homeschooling

Selain aspek kenyamanan serta kualitas pendidikan, orangtua biasanya memilih homeschooling lantaran dinilai memberikan rasa aman bagi sang buah hati. Sebab, homeschooling dapat meminimalisasi risiko penindasan atau bullying terhadap anak di lingkungan sekolah.

Adapun salah satu lembaga pendidikan homeschooling di Jakarta yang dapat Anda lirik adalah PKBM HolyStar.

Untuk diketahui, PKBM HolyStar adalah Christian International Homeschool yang mengadopsi kurikulum Amerika Serikat (AS), Accelerated Christian Education (ACE) atau disebut juga School of Tomorrow (SOT).

Lembaga homeschooling kenamaan tersebut menghadirkan pelayanan pendidikan untuk berbagai tingkatan, mulai dari taman kanak-kanak (TK) hingga sekolah menengah atas (SMA).

PKBM HolyStar juga memberikan pelayanan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus sehingga aman dari risiko tindakan bullying yang kerap ditemukan di sekolah pada umumnya.

Baca juga: 5 Cara Haji Agus Salim Menjalankan Homeschooling bagi Anak-anaknya

Sistem belajar PKBM HolyStar

Untuk diketahui, PKBM HolyStar tidak menerapkan ujian tengah semester (UTS), ujian akhir semester (UAS), ataupun kategori ujian lainnya sebelum lulus grade 10 atau 12.

Dengan begitu, tidak ada siswa yang tidak naik kelas. Sebaliknya, setiap anak berkesempatan naik kelas dalam waktu cepat.

Sebagai ganti ujian tersebut, PKBM HolyStar menerapkan sejumlah ulangan kecil, salah satunya 1 pace atau buku (30-40 halaman). Selain itu, ada pula 3 checks-up tiap 10 halaman buku, 1 self test setiap halaman terakhir pace atau buku, serta 1 pace test yang masuk rapor.

Sebagai informasi, setiap subyek terdapat 12 buku untuk 1 grade. Sedikitnya, ada tujuh subyek pada PKBM HolyStar, yaitu Matematika, Science, Social, English, Word Building, Creative Writing atau Literatur, serta Bible.

Oleh karena itu, terdapat 420 tes dengan 84 paces untuk setiap 5 tes. Cara belajar ini disebut familier disebut repeating atau diulang-ulang sehingga dengan mudah masuk ke long-term memory.

Baca juga: Bingung Memulai Homeschooling? Ini Tipsnya

Halaman:
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com