Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Kuliah PTS? Ini 10 Tips Memilih Kampus Swasta

Kompas.com - 26/06/2023, 15:27 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Beberapa hari lalu telah diumumkan hasil UTBK SNBT 2023 bagi yang ingin masuk atau kuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Jika tak lolos, maka bisa mencoba di jalur seleksi mandiri masing-masing PTN. Tapi, bagi yang kemudian tertarik kuliah di Perguruan Tinggi Swasta (PTS), maka bisa langsung mendaftar.

Namun, calon mahasiswa harus memilih kampus swasta yang terbaik. Hal ini sama penting seperti menentukan jurusan kuliah.

Tentu, kini kampus swasta juga tidak kalah bagus dengan kampus negeri. Tetapi calon mahasiswa harus benar-benar paham mana kampus swasta yang cocok.

Baca juga: Tak Tertarik Kuliah PTN? Ini 5 Tips Memilih Kampus Swasta Terbaik

Melansir laman LP3I, berikut ini beberapa tips memilih kampus swasta yang baik dan cocok.

Tips memilih kampus swasta

1. Akreditasi PTS

Calon mahasiswa harus cari tahu akreditasi PTS yang akan dimasuki. Pilihlah PTS dengan nilai akreditasi B (baik) atau A (sangat baik).

Akreditasi PTS menentukan kualitas. Jadi, ada baiknya kamu cek nilai akreditasi PTS pilihan di laman resmi BAN PT.

2. Akreditasi Jurusan atau Program Studi

Meski akreditasi PTS sangat baik, tidak semua jurusan program studi terakreditasi baik atau sangat baik. Jurusan atau program studi baru biasanya belum mendapatkan akreditasi dari BAN PT.

Jadi, kamu juga perlu memastikan jurusan favorit memiliki nilai akreditasi minimal baik sebelum kamu telanjur mendaftar.

3. Biaya kuliah

Adapun tips memilih kampus swasta lainnya ialah cari tahu biaya kuliah. Pada umumnya biaya kuliah di PTS ternama lebih mahal dibandingkan PTS yang belum memiliki nama.

Tapi, banyak PTS menawarkan biaya kuliah yang terjangkau. Biaya tersebut sudah meliputi uang semester, biaya SKS, uang buku, dan lain-lain.

Baca juga: Tak Ingin Kuliah PTN? Ini 15 PTS Terbaik di Indonesia Versi SIR 2023

Sesuaikan biaya kuliah dengan kemampuan finansial. Kamu juga bisa membayar biaya kuliah dengan cara mengangsur. Jika masih dirasa mahal, kamu bisa mengajukan beasiswa.

4. Perhatikan lokasi kampus

Selain itu, kamu juga harus memperhatikan lokasi kampus. Pilih kampus yang berlokasi di sekitar daerah tempat tinggal.

Hal ini menyangkut soal biaya yang akan dikeluarkan selama kuliah. Setidaknya kamu bisa menghemat biaya tempat tinggal jika kamu kuliah di PTS di daerahmu.

5. Terkait usia PTS

Kamu bisa melihat tahun berapa PTS tersebut dibangun. Mungkin kamu berpikir untuk apa sih tahu usia PTS? Ternyata usia PTS berpengaruh terhadap kredibilitas PTS di mata masyarakat.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com