Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

328 Halaman untuk "Menemukan Bahagia dalam Hal-hal Kecil"

Kompas.com - 02/07/2023, 14:00 WIB
Valencia Putri,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Banyak dari kita yang seringkali terjebak dalam rutinitas sehari-hari dan sibuk dan berfokus pada hal-hal besar dalam hidup. Namun, lupa untuk menikmati momen-momen kecil yang bisa jadi merupakan sumber kebahagian sederhana yang diberikan oleh kehidupan.

Melalui buku berjudul "Menemukan Bahagia dalam Hal-Hal Kecil", penulis asal Korea yakni Baek Se Hee mengajak pembaca untuk memperlambat langkah dan menikmati momen-momen kecil yang seringkali terlewatkan.

Dalam buku ini, Baek Se Hee membagikan cerita-cerita pribadi dalam bentuk gambar komik tentang perjalanan hidupnya yang menginspirasi pembaca untuk melihat dengan lebih jernih keindahan dan kebahagiaan yang terdapat dalam hal-hal sehari-hari.

Baca juga: 7 Beasiswa S1, S2, S3 ke Luar Negeri, Pendaftaran Juli-November 2023

 

Ia mengajak kita untuk menyadari kehadiran kecil yang bisa memberikan kebahagiaan.

Awalnya, Baek Se Hee memang sudah memiliki kebiasaan untuk menggambar kesehariannya, lalu mengunggahnya ke media sosial. Banyak yang menyukai hasil gambarnya. terutama istri Baek Se Hee yang sangat menyukai hasil gambarnya. Hal ini membuat Baek Se Hee memutuskan untuk terus menggambar kegiatan sehari-harinya.

Sejak bertemu sang istri, Baek Se Hee menyadari kehebatan dari kesederhanaan yang bisa membuatnya merasa istimewa. Ia mulai memperhatikan hal-hal kecil yang selama ini diabaikannya. Perubahan-perubahan inilah yang ia gambarkan dengan jelas dalam bukunya.

Pada permulaan awal cerita, pembaca akan disuguhkan dengan seluruh gelombang emosi yang dialami oleh penulis yang mengalami penurunan minat dan ketertarikan terhadap hal-hal dan kegiatan yang biasa dilakukan sehari-hari.

Setiap harinya, Baek Se Hee semakin merasa rendah diri, kesulitan memenuhi standar yang ditetapkan untuk dirinya sendiri, menjadi kurang produktif, dan selalu membandingkan dirinya dengan orang lain.

Baca juga: Beasiswa BCA Finance Peduli 2023, Bantuan Rp 3,5 Juta Per Semester

Baek Se Hee mengalami begitu banyak perasaan yang bercampur aduk, yang membuat pembaca mampu memahami konflik internal yang dia hadapi.

Namun, meskipun sedih, merasa hampa di dalam hati, dan ingin menangis, dia tetap memiliki keinginan untuk pergi dan makan tteokbokki, camilan khas Korea. Hal tersebut menjadi salah satu cara Baek Se Hee untuk mencintai diri sendiri.

Salah satu pesan utama yang dapat diambil dari buku ini adalah jangan selalu berfokus dengan hal-hal besar untuk bisa merasa bahagia. Sebab, bahagia itu tidak sulit.

Baek Se Hee dengan jelas menyampaikan bahwa kebahagiaan sejati tidak selalu tergantung pada pencapaian besar atau momen luar biasa, tetapi juga terletak pada penghargaan atas momen-momen kecil yang seringkali terabaikan.

Dalam buku ini, ia juga memberikan saran praktis tentang bagaimana mengatasi kesepian melalui lagu.

Saat menghadapi kesepian, mendengarkan lagu dan menghayati liriknya juga bisa membuat diri untuk bisa merangkul momen-momen sepi untuk pembentukan diri. Misalnya, Baek Se Hee yang sempat mengalami kesepian, ia mendengarkan lagu Oh, Love karya Lucid Fall.

Baca juga: PT CPI Dorong Riset Dosen dan Mahasiswa USU lewat Hibah Teaching Farm

Dalam lagu tersebut terdapat lirik "Meski ku tak bisa melihatmu yang jauh di sana, ku berjalan di taman bunga", Baek Se Hee merasa melalui lirik tersebut dapat membantunya untuk membentuk diri menjadi lebih baik di masa depan. Bagi orang yang pernah merasakan kesepian, lirik lagu seperti itu bisa menjadi panduan untuk menghadapi kesepian.

Selain itu, gaya penulisan Baek Se Hee juga sangat sederhana namun memiliki kekuatan untuk menyentuh hati pembaca. Pembaca akan dengan mudah menangkap pesan-pesan tersirat yang ingin disampaikan olehnya. Ia juga dengan cermat menggambarkan pengalaman-pengalaman kecil dengan detail yang memikat, membuat pembaca merasa seolah-olah mereka ikut merasakan kebahagiaan yang juga dijelaskan dalam buku ini.

"Menemukan Bahagia dalam Hal-Hal Kecil" adalah buku yang memperlihatkan kepada kita bahwa kehidupan yang penuh kebahagiaan sebenarnya tidak jauh dari genggaman kita. Dengan menggeser fokus kita pada hal-hal kecil yang seringkali terlupakan, kita dapat menemukan kebahagiaan sejati yang selama ini telah ada di sekitar kita.

Baca juga: Dosen UM Surabaya: Berlebihan Makan Daging Picu 7 Penyakit Ini

Buku ini sangat direkomendasikan bagi siapa pun yang ingin menghargai kehidupan sehari-hari dan menemukan bahagia dalam hal-hal kecil. Baek Se Hee dengan bijak mengingatkan kita melalui buku "Menemukan Bahagia dalam Hal-Hal Kecil" merupakan pengingat yang berharga bahwa kebahagiaan sejati dapat ditemukan dalam detail-detail kecil kehidupan kita, saat mengalami gejolak emosi, kita tidak perlu terlalu lama terperangkap dalam emosi negatif dan mengisolasi diri sendiri. Mengingat hal-hal sederhana yang dapat membuat kita tersenyum, dan menemukan kebahagiaan dalam bentuk sekecil apapun itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com