Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dosen UGM Beberkan Cara Menyimpan dan Mengolah Daging Kurban

Kompas.com - 02/07/2023, 19:11 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber UGM

KOMPAS.com - Umat muslim yang mendapat daging kurban terkadang merasa bingung cara menyimpan dan mengolah daging kurban yang baik dan benar itu seperti apa.

Apalagi jika mendapat daging yang banyak dan masih mentah maka harus disimpan dengan benar. Tidak tidak disimpan maka bisa membusuk dan akan terbuang sia-sia.

Sebab, ketika mendapat daging kurban, umumnya tidak semuanya langsung diolah dalam satu waktu. Untuk menyimpan sisa olahannya, maka harus tahu cara menyimpan daging kurban di kulkas.

Terkait hal itu, Dr. Rio Jati Kusuma, S.Gz., MS dari Program Studi Gizi Kesehatan FKKMK UGM berbagai pengetahuan tentang cara penyimpanan dan pengolahan daging kurban yang sesuai dengan prinsip kesehatan.

Baca juga: Dosen Unair Beberkan 4 Teknik Memasak Daging Kurban

Dikatakan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penyimpanan daging kurban yang baru didapatkan.

Pertama, perhatikan apakah ada kotoran yang menempel pada daging. "Jika ada kotoran, jangan dicuci, cukup hilangkan bagian yang kotor dengan cara dipotong," ujarnya dikutip dari laman FKKMK UGM, Kamis (29/6/2023).

Ia juga menjelaskan bahwa sebelum daging masuk freezer, sebaiknya dipotong kecil-kecil dan dimasukkan ke dalam plastik. Selanjutnya daging disimpan di dalam chiller selama kurang lebih 1 hari.

Sedangkan untuk cara pengolahan yang dianjurkan ialah memasak dengan suhu rendah.

Misalnya direbus. Pengolahan dengan suhu tinggi (dibakar), tidak disarankan. "Apalagi jika daging bersentuhan langsung dengan api. Itu akan menyebabkan munculnya senyawa penyebab kanker," imbuh Rio.

Selain itu, menambah bahan makanan sebagai pengempuk daging diperbolehkan, itu tidak mengubah nilai gizi dalam daging.

Sedang untuk memasak dengan tekanan tinggi dengan alat presto juga masih aman karena daging tidak dimasak dengan suhu tinggi dan tidak bersentuhan langsung dengan api.

Rio juga memberikan tips supaya bisa makan daging kurban dengan tetap memperhatikan keseimbangan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh.

Baca juga: Terlalu Banyak Konsumsi Daging Kurban, Dosen UM Surabaya: Bisa Picu 9 Penyakit Ini

"Makan daging tetap harus diimbangi dengan sayur dan buah sebagai asupan serat. Untuk resep tertentu tidak ada, sayur bisa dimasak sesuai selera masing-masing," jelas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com