Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membuat Kentang Balado, Siswa Yuk Coba di Rumah

Kompas.com - 03/07/2023, 13:43 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Untuk mengisi liburan sekolah, siswa bisa melakukan banyak hal menarik di rumah. Apalagi yang suka memasak.

Maka memasak bisa jadi kegiatan menarik saat liburan sekolah. Seperti halnya membuat kentang balado. Tentu bakal jadi pengalaman tersendiri bagi siswa guna meningkatkan keterampilannya.

Lantas, seperti apa cara memasaknya? Apa saja yang harus dipersiapkan? Melansir laman Repositori Kemendikbud Ristek, ini penjelasannya.

Adapun hal pertama yang harus dilakukan ialah memilih bahan. Bahan yang diperlukan untuk bumbu yaitu bawang merah, bawang putih, bawang bombay, cabe rawit, garam, gula dan merica. Sedangkan untuk bahan hasil sampingnya yaitu kentang.

Baca juga: Siswa, Seperti Ini Cara Melestarikan Lingkungan

Sedangkan alat yang dibutuhkan yaitu kukusan, wajan, sutil, cobek dan ulekan, baskom, piring, talenan, pisau, dan sendok.

Untuk penyajian dan pengemasan yang dibutuhkan yaitu mangkuk kaca dan wadah mangkuk plastik.

Cara membuat kentang balado

1. Kukus kentang bersama kulitnya dengan dandang kukusan, yang bagian bawahnya diisi air, lalu di atasnya ditaruh saringan dengan kentang di dalamnya. Tutup dandang kukusan, hidupkan kompor dan kukus selama beberapa menit.

2. Untuk mengetahui kentang telah matang atau belum dengan menusuk garpu atau lidi, jika sulit menembus daging kentang maka belum matang. Apabila mudah menembus daging kentang maka telah matang. Kulit kentang akan berubah warna menjadi lebih cokelat dan kering, jika dikukus.

3. Potong kentang berkulit sesuai selera, tidak terlalu besar dan tidak terlalui kecil. Kemudian kukus kentang berkulit kukus hingga matang.

4. Goreng kentang berkulit yang telah dikukus dengan minyak yang dapat merendam seluruh kentang. Goreng hingga berwarna sedikit kecoklatan dan tiriskan pada saringan. Tujuan kentang dikukus lalu digoreng agar kulit kentang crispy hasilnya dan warna kentang tetap segar.

Baca juga: Satria-1: Satelit Terbesar di Asia Milik Indonesia, Siswa Sudah Tahu?

5. Kupas kulit bawang bombay, bawang putih dan bawang merah. Bersihkan cabe rawit dari tangkainya.

6. Bawang bombay diiris tipis semanjang.

7. Bawang merah, bawang putih dan cabe merah disiapkan pada cobek.

8. Ulek bumbu sampai halus.

9. Taruh sedikit minyak pada wajan dan tumis bumbu yang telah diulek.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com