Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/07/2023, 19:39 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Tubuh harus dijaga dengan baik kebersihannya, tak terkecuali gigi. Apalagi anak-anak harus belajar menjaga kesehatan giginya.

Jika gigi bersih tentu bisa menambah rasa percaya diri. Maka dari itu, penting bagi kita untuk memiliki pemahaman yang baik tentang cara mencegah masalah gigi dan menjaga kesehatan gigi dalam kondisi optimal.

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kalian lakukan untuk menjaga kesehatan gigi.

Melansir laman Direktorat SMP Kemendikbud Ristek, Jumat (7/7/2023), ada beberapa tips atau cara menjaga kesehatan gigi pada anak.

Baca juga: Inovasi Peneliti Unair Ini Bisa Atasi Penyakit Gigi dan Mulut

Cara menjaga kesehatan gigi

1. Gosok gigi secara rutin

Tentunya, menggosok gigi secara teratur terbukti efektif dalam mencegah terjadinya karies dan berbagai penyakit gigi lainnya.

Disarankan untuk menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride saat menggosok gigi karena dapat membantu memperkuat gigi.

Penting untuk menggosok gigi setidaknya tiga kali sehari, terutama sebelum tidur malam.

Menggosok gigi sebelum tidur berfungsi untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang tertinggal pada gigi, mencegah penumpukan plak, dan mencegah pertumbuhan bakteri yang dapat menyebabkan kerusakan gigi.

2. Dengan obat kumur

Tak hanya menggosok gigi secara rutin saja, berkumur menggunakan obat kumur dua kali sehari juga dapat membantu gigi tetap sehat dan mempertahankan warna putih pada gigi.

Kandungan fluoride yang ada pada obat kumur memiliki manfaat yang baik untuk melindungi kesehatan gigi dan mencegahnya berlubang.

3. Konsumsi serat diperbanyak

Jika ingin sehat, maka bisa mengonsumsi makanan mengandung serat seperti buah-buahan mampu memberikan manfaat bagi kesehatan gigi.

Buah-buahan dapat berperan sebagai alternatif tusuk gigi yang membantu membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi kita.

4. Makanan manis dikurangi

Terlalu banyak mengonsumsi makanan manis dapat meningkatkan risiko gigi berlubang. Hal tersebut dikarenakan makanan manis atau yang mengandung gula dapat memicu berkembangnya bakteri di dalam mulut.

Maka dari itu, sebaiknya kurangi konsumsi makanan manis agar tidak menimbulkan berbagai gangguan pada gigi.

5. Periksa ke dokter gigi

Sedang cara menjaga kesehatan gigi yang terakhir ialah memeriksakan gigi ke dokter gigi secara berkala. Ini dapat memastikan kesehatan gigi kita terpantau dengan baik.

Disarankan untuk mengunjungi dokter gigi secara rutin, bahkan jika tidak ada keluhan khusus terkait gigi.

Baca juga: 5 Buah Penurun Darah Tinggi, Info Ners Unair

Pemeriksaan gigi secara berkala juga dapat membantu dokter mendiagnosis kondisi kesehatan tubuh secara umum dan melihat tanda-tanda penyakit yang sangat serius seperti kanker.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com