Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 SMK Ini Tawarkan Program Keahlian Seni Rupa, Ada Sekolahmu?

Kompas.com - 14/07/2023, 10:32 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Tentu, setiap orang punya bakat dan kemampuan masing-masing. Ada yang dari kecil, tapi ada pula yang baru muncul dan dikembangkan saat remaja.

Seperti saat masih kecil sudah suka menggambar, maka kemungkinan anak itu punya bakat di bidang seni rupa. Atau yang suka menarik, bisa jadi seorang penari.

Namun bagi yang suka seni rupa, penting sekali agar bakat tersebut dikembangkan dengan baik.

Jadi, saat kita sudah mengetahui bakat dan ketertarikan dalam bidang tertentu, maka tidak ada salahnya kalau kita mencari tempat pendidikan yang bisa mengasah kemampuan kita.

Baca juga: Lulusan SMP, 5 SMK Ini Tawarkan Kompetensi Keahlian Perhotelan

Bagi yang tertarik di dunia seni rupa dan ingin mendalaminya, kalian bisa masuk di SMK. Berikut ini 4 SMK yang menawarkan Program Keahlian Seni Rupa.

Informasi dirangkum dari laman Ditjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud Ristek, Selasa (11/7/2023).

SMKN 3 Kasihan

SMKN 3 Kasihan ini berada di Yogyakarta. Ini merupakan salah satu SMK yang dulunya dikenal dengan sekolah menengah seni rupa (SMSR).

Di sini kamu bisa memilih kompetensi seni rupa yang ingin didalami karena SMKN 3 Kasihan memiliki tujuh kompetensi keahlian yang berhubungan dengan seni rupa.

Ada tujuh kompetensi tersebut antara lain Seni Lukis, Seni Patung, Desain Komunikasi Visual, Seni Animasi, Desain dan Produksi Kriya Kayu, Desain dan Produksi Kriya Keramik, serta Desain dan Produksi Kriya Tekstil.

SMKN 2 Jepara

Jika kamu suka nonton film animasi, dan mungkin dulu kamu hanya bisa menjadi penonton saja, kini giliran kamu yang belajar membuat animasinya.

Apabila tertarik dengan bidang ini, maka SMKN 2 Jepara bisa menjadi salah satu pilihannya.

Tak hanya kompetensi keahlian animasi saja, buat kamu yang tertarik dengan gambar-gambar interior di sini juga ada kompetensi keahlian Desain Interior dan Teknik Furnitur yang bisa dipilih.

Baca juga: Ini yang Dipelajari di SMK Jurusan Agribisnis Tanaman Perkebunan

SMKN 5 Mataram

Berkutnya ialah SMKN 5 Mataram. Jadi buat kamu yang suka otak-atik tata letak, menggabungkan fungsi dan model warna, serta tertarik dengan cetak-mencetak, kalian bisa mengambil Kompetensi Keahlian Desain Grafika.

Dalam kompetensi ini kamu akan dilatih mengasah kreativitas dan imajinasi sehingga kamu bisa membuat desain yang kompleks. Kompetensi ini bisa ditemukan di SMKN 5 Mataram, Nusa Tenggara Barat.

Selain Desain Grafika, SMKN 5 Mataram juga menawarkan Kompetensi Keahlian DKV juga. Siapa tahu di antara kalian ada yang lebih suka mengembangkan bentuk bahasa visual untuk menyampaikan pesan secara komunikatif, efisien, kreatif, dan inovatif.

Halaman Berikutnya
Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com