Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siswa Indonesia Raih Medali Olimpiade Fisika Internasional IPhO 2023

Kompas.com - 20/07/2023, 10:18 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Sebanyak lima siswa Indonesia yang tergabung dalam Tim Olimpiade Fisika Indonesia berhasil meraih dua medali perak, satu perunggu, dan dua Honourable Mentions di ajang Olimpiade Fisika Internasional atau International Physics Olympiad (IPhO) ke-53 di Tokyo, Jepang.

IPhO merupakan kompetisi bergengsi tahunan bagi pelajar seluruh dunia yang berbakat di bidang fisika. Kelima siswa bersaing dengan 394 peserta dari 80 negara pada 10-17 Juli 2023.

Siswa yang menorehkan prestasi di ajang IPhO yaitu Savero Lukianto Chandra (SMA Fransiskus Kota Bandar Lampung) dan Fansen Candra Funata (SMA Darma Yudha Pekanbaru) meraih medali perak.

Baca juga: Perjuangan Siswa Fatih Bilingual School Aceh Ukir Prestasi di Olimpiade Fisika 2023 Jepang

Medali perunggu diraih oleh Muhammad Arif Khalfani Ismail (SMA Fatih Bilingual School Banda Aceh).

Sedangkan Honourable Mentions diraih oleh Muhammad Zaidan Naja (MAN 2 Kota Malang) dan Ahmad Nafi Ramadhan (SMA Al Kahfi Kabupaten Bogor).

Salah satu siswa peraih medali perak, Savero Lukianto Chandra mengatakan bahwa ajang IPhO tahun ini berjalan dengan sangat kompetitif.

“Saya mendapatkan pengalaman yang berharga bisa bertemu dengan peserta dari berbagai negara,” ujar Savero dalam keterangan resmi Puslapdik.

Lebih lanjut, Savero mengungkapkan bahwa medali perak yang ia raih bukan hanya dari kerja keras dirinya semata-mata saja, tetapi juga dari para pembina.

“Saya berharap melalui prestasi di IPhO ini bisa membawa saya ke masa depan yang lebih cemerlang,” tuturnya.

Baca juga: Kisah Hatta, Siswa SMA Raih Medali Olimpiade Ekonomi Lawan 66 Negara

Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Hendarman mengatakan bahwa prestasi siswa ajang IPhO 2023 merupakan suatu kebanggaan untuk Indonesia.

"Ada siswa asal Pekanbaru yang meraih medali perak. Ini luar biasa sekali dan menjadi suatu pembangkit untuk daerah lainnya. Juga ada siswa dari Banda Aceh meraih perunggu, dan merupakan siswa pertama Banda Aceh yang pernah meraih medali di IPhO ini,” tutur Hendarman.

Lebih lanjut, Hendarman berharap agar pada ajang talenta internasional lainnya Indonesia bisa meraih prestasi lebih baik lagi.

“Harapannya mudah-mudahan bisa lebih baik lagi dan bisa mendapatkan emas pada ajang internasional lainnya. Puspresnas juga akan mengadakan evaluasi agar kedepannya lebih baik lagi dan tentunya kami berharap agar lebih banyak medali yang diperoleh dan dari daerah yang beragam,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com