Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Sekolah di SMA Pradita Dirgantara? Kenali Jalur Masuk dan Syaratnya

Kompas.com - 24/07/2023, 16:16 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Siswa SMP sederajat yang ingin melanjutkan pendidikan di salah satu SMA terbaik Indonesia yakni SMA Pradita Dirgantara perlu tahu apa saja jalur masuk yang dibuka.

SMA Pradita Dirgantara menjadi salah satu SMA terbaik di Indonesia dan berhasil bertengger di peringkat 3 nasional berdasarkan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2022.

Meski baru didirikan pada tahun 2018, SMA Pradita Dirgantara telah mencetak lulusan terbaiknya dan lulusannya berhasil diterima kuliah di kampus dalam maupun luar negeri.

Jika kamu ingin melanjutkan sekolah di SMA Pradita Dirgantara harus melalui seleksi yang sangat ketat. Mulai dari seleksi tingkat daerah dan nasional.

Baca juga: Jardine UGM Scholarship 2023 Dibuka, Ada Biaya Hidup Selama 3 Tahun

Jalur masuk SMA Pradita Dirgantara

Jika kamu ingin mendaftar di SMA Pradita Dirgantara tahun ajaran 2024/2025 mendatang, kamu bisa mencari informasi jalur apa saja yang dibuka hingga syarat masuk SMA Pradita Dirgantara.

Dilansir dari laman resmi SMA Pradita Dirgantara, Senin (24/7/2024), mengacu pada penerimaan peserta didik baru (PPDB) 2023/2024, ada dua jalur pendaftaran yang dibuka SMA Pradita Dirgantara.

Selain itu, PPDB di SMA Pradita Dirgantara dibuka jauh lebih awal. Pada PPDB 2023, pendaftaran sudah mulai dibuka pada awal Desember dan ditutup pada pertengahan Januari.

Berikut jalur masuk SMA Pradita Dirgantara yang perlu diketahui orangtua dan siswa.

1. Jalur reguler.

2. Jalur prestasi.

Jalur prestasi ini khusus bagi calon peserta PPDB yang memenuhi persyaratan dan memiliki prestasi di bidang Sains sebagai berikut;

  • Peraih medali olimpiade Sains tingkat internasional seperti IMO, IphO dan IBO, peraih medali Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat nasional dan Olimpiade Penelitian Siswa tingkat nasional yang diadakan Puspresnas. Jika secara administrasi dinyatakan lolos jalur prestasi, calon siswa auto lolos ke seleksi pusat/nasional tanpa perlu mengikuti seleksi daerah.

Baca juga: Beasiswa bagi Mahasiswa UGM, Ada Uang Saku Rp 1,5 Juta Per Bulan

Syarat umum dan khusus SMA Pradita Dirgantara

Setelah tahu jalur masuk SMA Pradita Dirgantara, ketahui juga syarat yang harus dipenuhi untuk mendaftar ke salah satu SMA terbaik di Indonesia ini. Berikut syarat umum dan khusus yang harus dipenuhi calon siswa untuk mendaftar di SMA Pradita Dirgantara:

1. Warga Negara Indonesia (WNI), laki-laki dan perempuan.

2. Lulus SMP/sederajat.

3. Tidak pernah tinggal kelas selama di SMP/sederajat.

Syarat khusus:

Untuk mendaftar menjadi calon siswa di SMA Pradita Dirgantara, kamu butuh beberapa dokumen/file yang akan diupload melalui situs resmi yang nantinya diumumkan di Instagram dan laman resmi SMA Pradita Dirgantara. Dokumen/file yang dibutuhkan antara lain:

  • Pas foto background merah.
  • Akta kelahiran.
  • Kartu keluarga
  • Rata-rata minimal 90 untuk nilai rapor dari semester 1 sampai dengan C (aspek pengetahuan) untuk mata pelajaran IPA, Matematika dan Bahasa Inggris.
  • Minimal skor IQ (Intellectual Quotient) 115 dan diterbitkan oleh biro psikologi terdaftar di Himpunan Psikologi (HIMPSI).
  • Sertifikat/piagam prestasi. Calon siswa yang mendaftar melalui jalur prestasi wajib melampirkan (upload dokumen) sertifikat. Calon siswa yang mendaftar melalui jalur reguler, tetap bisa melampirkan sertifikat prestasi sebagai nilai plus yang nantinya ditentukan oleh tim kurasi.

Baca juga: 5 Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah di Luar Negeri

Demikian informasi mengenai jalur masuk SMA Pradita Dirgantara dan syarat yang dibutuhkan. Pastikan nilai rapormu bagus dan juga berprestasi agar bisa lolos masuk SMA Pradita Dirgantara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com