Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Cara Belajar Efektif bagi Pelajar dan Mahasiswa

Kompas.com - 30/07/2023, 22:01 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Tugas seorang pelajar atau mahasiswa itu adalah belajar. Tapi, terkadang ada rasa malas untuk belajar. Maka dari itu, butuh tips atau cara belajar efektif.

Jika tidak, maka akan mudah bosan dan jadi malas belajar. Padahal, belajar itu penting agar pelajaran sekolah atau mata kuliah bisa dipahami.

Lantas, bagaimana cara belajar yang efektif itu? Bagaimana agar belajar bisa lebih menyenangkan?

Dilansir dari laman Multimedia Nusantara Polytechnic (MNP), ini beberapa cara belajar efektif yang dapat dicoba pelajar dan mahasiswa.

Baca juga: Ini 7 Tips Belajar Efektif dan Efisien

Cara belajar efektif

1. Membuat catatan yang kreatif

Tentu, mencatat bisa jadi salah satu cara mudah untuk kamu coba, dalam memahami materi yang sedang dipelajari. Membuat catatan sekreatif mungkin juga akan membuat kamu senang membacanya lagi.

Kamu bisa juga menggunakan beberapa spidol atau pulpen berwarna. Cobalah tambahkan sedikit motif atau gambar kecil pada area-area yang terasa kosong sebagai hiasan agar menarik.

2. Bisa mengatur waktu belajar dan istirahat

Jika tubuh lelah, maka jangan memaksa untuk belajar. Usahakan belajar dengan keadaan fit. Cobalah untuk mengatur waktu antara belajar dan istirahat.

Contohnya belajarlah selama 40 menit, kemudian beristirahat selama 15 menit. Lalu, setelah itu lanjutkan kembali sesi belajar. Hal ini akan jauh lebih efektif ketimbang kamu memaksakan diri tanpa henti.

3. Belajar bersama teman

Belajar berkelompok atau belajar bersama teman bisa menjadi salah satu cara belajar efektif. Kamu juga bisa membuat sesi tanya jawab agar materi mudah dipahami bersama.

Baca juga: 4 Cara Membangun Komunikasi yang Efektif dan Efisien

4. Harus fokus

Belajar itu tidak perlu lama. Tapi jika bisa belajar dengan fokus, maka akan lebih efektif. Jadi, fokuslah pada apa yang sedang kamu lakukan saat ini.

5. Lingkungan harus mendukung

Jika kamu belajar di tempat yang ramai tentu membuat tidak nyaman. Maka dari itu, kamu harus mencari tempat atau lingkungan yang kondusif dan nyaman.

6. Belajar di pagi hari

Coba untuk bangun pagi dan mulai belajar. Mulailah mempelajari materi yang diinginkan. Hal ini karena dipagi hari kamu masih memiliki banyak energi yang tersimpan.

Selain itu, belajar dipagi hari merupakan waktu terbaik, dan bisa membuat kamu menjadi lebih fokus.

7. Sambil dengarkan lagu

Adapun cara belajar efektif yang lain ialah sambil mendengarkan lagu kesukaan. Atau dengan mendengarkan lagu-lagu ringan seperti instrumental, dan lagu-lagu yang menenangkan.

Hal ini diharapkan bisa membantu kamu menjadi lebih fokus untuk belajar dan dapat menyerap materi yang dipelajari.

Baca juga: Mahasiswa, Ini 5 Dampak Buruk Kurang Olahraga

Jadi itulah beberapa cara belajar efektif yang bisa dicoba oleh siswa/pelajar dan mahasiswa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com