Kompas.com - 13/07/2022, 05:37 WIB
|

KOMPAS.com - Tugas siswa adalah belajar. Tetapi, belajar itu sebenarnya juga bisa untuk siapa saja. Contohnya seorang sarjana juga harus belajar jika ingin ikut tes CPNS.

Atau calon mahasiswa yang ingin masuk ke kampus impian juga harus belajar agar bisa lolos seleksi dan diterima.

Jadi, semua orang harus belajar. Hanya saja yang menguasai cara belajar efektif dan efisian saja yang mampu menyerap hasil belajar lebih baik. Nah, bagaimana sih tips belajar efektif dan efisien?

Baca juga: 7 Cara Belajar Efektif, Cocok bagi Pelajar dan Mahasiswa

Melansir laman SD Negeri Warungboto Yogyakarta, ini cara belajar efektif dan efisien bagi siapa saja.

7 tips belajar efektif dan efisien

1. Menetapkan tujuan

Adapun tips belajar efektif dan efisien yaitu bisa dimulai dengan menetapkan tujuan atau target. Misal tujuanmu belajar adalah untuk memasuki perguruan tinggi ternama di Indonesia. Dengan memasuki perguruan tinggi tersebut, kamu harus memiliki nilai yang tentunya mumpuni.

Karena itu, tetapkan tujuan yang sebisa mungkin cukup signifikan untuk memacu semangatmu. Misalnya seperti ujian semester nanti, kamu akan menargetkan mendapatkan minimal 80 untuk pelajaran Matematika.

Kamu juga harus menentukan tujuan bisa menjadi sebuah motivasi jika kamu mulai merasa kehilangan minat untuk belajar. Memiliki tujuan yang jelas membantu kamu tetap fokus dan konsisten selama proses belajar.

2. Coba atur jadwal belajarnya

Sedang yang kedua ialah dengan mengatur jadwal belajarnya. Dalam hal ini kamu harus disiplin dalam menaati jam belajarmu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.