Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara agar Lulus Kuliah Tepat Waktu, Mahasiswa Cek

Kompas.com - 05/08/2023, 10:01 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Mahasiswa yang punya cita-cita pasti ingin kuliah tepat waktu. Setelah lulus tentu bisa mendapatkan pekerjaan impian.

Tetapi dalam perjalanannya, muncul rasa malas atau malah justru banyak kegiatan di kampus yang mengganggu perkuliahan.

Karena itu, mahasiswa butuh tips atau cara agar bisa lulus kuliah tepat waktu. Bagi mahasiswa jenjang S1 maka targetnya kuliah 4 tahun.

Jika terdapat keterlambatan atau pengulangan, mahasiswa masih memiliki 3-4 tahun waktu untuk menyelesaikan perkuliahan.

Baca juga: 7 Cara Belajar Efektif bagi Pelajar dan Mahasiswa

Namun, kini terdapat aturan yang mewajibkan mahasiswa S1 harus menyelesaikan program sarjana maksimal 10 semester.

Hal itu membuat para mahasiswa mencari cara untuk menyelesaikan perkuliahan tepat waktu. Akan tetapi, tidak semua mahasiswa benar-benar lancar menyelesaikan perkuliahannya.

Ada beberapa alasan yang mendasar, baik karena tidak mengetahui berbagai hal administratif di kampus hingga adanya permasalahan dengan dosen.

Dilansir dari laman Institut Teknologi Batam (Iteba), ini beberapa cara agar lulus kuliah tepat waktu.

Cara agar lulus kuliah tepat waktu

1. Harus paham kewajibannya

Jika sudah menjadi mahasiswa, maka harus paham kewajibannya sebagai seorang mahasiswa untuk belajar dan mengembangkan potensi akademiknya.

Tetapi, seringkali mahasiswa melalaikan kewajibannya dan lebih memilih untuk berfokus dalam kegiatan di luar kuliah, seperti organisasi.

Ikut kegiatan atau organisasi saat berkuliah bukanlah hal yang salah. Namun, jika diimbangi dengan melaksanakan kewajiban sebagai mahasiswa, tentunya kamu akan lulus kuliah tepat waktu dengan hasil yang memuaskan.

Baca juga: 6 Tips Cepat Mengerjakan Skripsi

2. Jumlah SKS diperhatikan

Kuliah S1 biasanya selesai 8 semester atau mendapat 144-150 satuan kredit semester (SKS). Jumlah ini tentunya sudah dirancang sedemikian rupa agar kamu bisa lulus tepat 4 tahun.

Di beberapa kampus, kamu bisa menambah SKS pada semester berikutnya, jika pada semester sebelumnya kamu mendapatkan indeks prestasi (IP) 3.00 ke atas. Jadi, kamu bisa mengambil 24 SKS sehingga berpeluang lulus lebih cepat.

3. Bisa mengatur waktu

Mengatur waktu atau manajemen waktu ialah permasalahan yang seringkali dihadapi oleh mahasiswa, terutama bagi mereka yang harus mengimbangi antara kegiatan perkuliahan dengan organisasi atau bekerja.

Bagi kamu yang mengalami hal ini, sebaiknya membuat jadwal untuk belajar, berorganisasi, maupun bekerja. Hal terpenting adalah selalu disiplin dan konsisten dengan jadwal tersebut.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com