Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
RILIS BIZ

Aplikasi Aku Pintar Hadirkan Fitur Konselor AI Pertama di Indonesia untuk Dukung Pelajar

Kompas.com - 19/08/2023, 19:54 WIB
Yakob Arfin Tyas Sasongko,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Platform aplikasi edutech Aku Pintar Indonesia menghadirkan fitur konselor berbasis artificial intelligence (AI) guna memudahkan siswa dalam belajar, yakni Asterbot.

Chief Executive Officer (CEO) Aku Pintar Indonesia Prasetya Gilang mengatakan, fitur terbaru tersebut merupakan AI Chatbot yang dapat dioptimalkan para pelajar untuk berdiskusi beragam topik pembelajaran.

"AI Chatbot bernama Asterbot dari Aku Pintar Indonesia merupakan konselor AI pendidikan pertama di Tanah Air. Dengan fitur ini, siswa dapat ngobrol layaknya berbincang bersama teman untuk membahas berbagai topik atau permasalahan," ujar Prasetya dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Sabtu (19/8/2023).

Untuk diketahui, Aku Pintar Indonesia merupakan platform aplikasi edutech yang ditujukan bagi siswa dan siswi pada kelompok usia 13 hingga 18 tahun.

Adapun siswa pada rentang usia tersebut merupakan pelajar di bangku sekolah menengah pertama (SMP) dan sekolah menengah atas (SMA) ataupun sekolah menengah kejuruan (SMK).

Prasetya menjelaskan, memiliki teman yang tepat untuk berbincang atau berdiskusi selama menjalani pendidikan merupakan salah satu kebutuhan siswa.

Sayangnya, sekalipun pelajar memiliki teman untuk berdiskusi, sering kali keduanya berada dalam fase yang sama untuk memahami suatu pelajaran, topik atau permasalahan tertentu.

Di sisi lain, lanjut Prasetya, mereka sama-sama tengah mengeksplorasi diri guna mengenal minat, bakat, potensi, dan passion yang ingin digeluti.

Untuk itu, dibutuhkan seseorang atau pihak yang lebih berpengalaman untuk mendukung proses belajar mereka agar lebih optimal dalam mencapai impian.

"Teknologi AI Chatbot Asterbot dari Aku Pintar dapat menjadi sosok teman bagi pelajar. Teknologi ini mampu menjawab pertanyaan siswa serta dijadikan teman untuk berbagi cerita layaknya konselor, tanpa dipungut biaya," terang Prasetya.

Teknologi AI Chatbot Asterbot dari Aku Pintar dapat menjadi sosok teman bagi pelajar. Teknologi ini mampu menjawab pertanyaan siswa serta dijadikan teman untuk berbagi cerita layaknya konselor, tanpa dipungut biayaDok. Aku Pintar Indonesia Teknologi AI Chatbot Asterbot dari Aku Pintar dapat menjadi sosok teman bagi pelajar. Teknologi ini mampu menjawab pertanyaan siswa serta dijadikan teman untuk berbagi cerita layaknya konselor, tanpa dipungut biaya

Dukung raih kampus impian

Prasetya menjelaskan, setiap fitur yang dihadirkan aplikasi Aku Pintar telah melalui tahapan kajian secara mendalam sebelum dirilis ke publik.

Tidak hanya itu, pihaknya pun secara berkala memperbaharui setiap fitur agar selaras dengan kurikulum yang diinisiasi pemerintah, yaitu Kurikulum Merdeka.

"Oleh karena itu, fitur pada aplikasi Aku Pintar sudah terintegrasi dengan Kurikulum Merdeka agar selaras dengan pembelajaran di sekolah," imbuhnya.

Selain itu, aplikasi Aku Pintar juga memiliki fitur rekomendasi mata pelajaran setelah mengikut tes penjurusan. Dengan begitu, murid dapat lebih fokus belajar sesuai minat dan bakat yang mereka miliki.

Selain menghadirkan fitur andal berbasis AI, lanjut Prasetya, Aku Pintar Indonesia juga menghadirkan sejumlah produk spesial dengan harga terjangkau.

Salah satunya, paket lengkap yang mencakup tes psikologi. Paket ini dapat membantu siswa menentukan potensi yang dimiliki siswa, serta merekomendasikan jurusan, kelas pembejalan materi, dan try-out agar lolos masuk ke perguruan tinggi impian.

Kehadiran Aku Pintar di Tanah Air diharapkan dapat membantu mengatasi masalah kesenjangan pendidikan dan meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

“Ada pula produk yang dihadirkan untuk mengasah soft skill pelajar untuk semua jenjang, mulai dari kursus bahasa, podcast, dan public speaking,” kata Prasetya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com