Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Pekerjaan Freelance yang Cocok buat Mahasiswa dari Semua Jurusan

Kompas.com - 30/08/2023, 09:25 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ada banyak cara bagi mahasiswa menambah uang saku selama kuliah. Salah satunya dengan bekerja secara freelance.

Mahasiswa yang mencoba freelance, bisa bekerja di mana saja dan kapan saja karena kamu bisa menentukan waktu dan jumlah kerjamu sendiri. 

Jika ingin bekerja secara freelance ada beberapa pekerjaan freelance yang cocok untuk mahasiswa dari semua jurusan.

Baca juga: 6 Website buat Mahasiswa Cari Pekerjaan Freelance, Cek Daftarnya

Dilansir dari laman Universitas Multimedia Nusantara, ada 6 pekerjaan freelance yang cocok untuk mahasiswa semua jurusan

Terutama bila kamu menyukai bidang penulisan ataupun desain. Kedua skill ini dimiliki banyak mahasiswa bahkan perusahaan sering tak mempermasalahkan darimana jurusanmu.

8 pekerjaan freelance buat mahasiswa semua jurusan

1. Content Writer atau SEO Content Writer

Content writer (penulis konten) merupakan pekerjaan freelance writing yang paling populer diantara jenis penulis lainnya.

Kamu bisa saja menjadi penulis konten untuk menulis skrip (script writer) atau menulis berita (news writer).

Saat ini juga marak lowongan kerja terkait dengan SEO. Seorang penulis konten SEO mengikuti panduan gaya yang sesuai dengan permintaan klien, meneliti topik dengan hati-hati, dan menggunakan kata kunci dalam konten mereka untuk meningkatkan pengoptimalan mesin pencari untuk lebih banyak lalu lintas dan penjualan web.

2. Copywriter

Pekerjaan yang cocok buat mahasiswa dari semua jurusan contohnya copy writer. Tugasnya, adalah membuat tulisan untuk mempengaruhi audiens mereka dengan frase dan kata-kata sugestif.

Konten tersebut digunakan dalam materi promosi seperti brosur, email, media sosial, situs web, katalog, dan papan reklame, antara lain. Pekerjaan ini cocok bagi mahasiswa dari semua jurusan yang kreatif dan berani menulis out of the box.

Baca juga: 11 Beasiswa S2-S3 Pendaftaran September 2023, Kuliah Gratis hingga Tunjangan

3. Technical Writer

Mungkin terdengar asing bagi mahasiswa, namun sebetulnya technical writer adalah pekerjaan menulis informasi faktual tentang produk dan layanan, dan cara kerjanya.

Seorang technical writer bisanya menulis tutorial atau panduan penggunaan produk. Misalnya, untuk aplikasi perangkat lunak, referensi dan manual instruksi untuk peralatan, panduan pelatihan, video instruksional atau bantuan online yang dimasukkan ke dalam panduan perangkat lunak dan pengoperasian.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com