Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu SNBP yang Jadi Jalur Pertama Masuk PTN? Simak Penjelasannya

Kompas.com - 09/09/2023, 07:07 WIB
Mahar Prastiwi,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Siswa kelas 12 tentu sudah mulai mencari informasi jalur masuk perguruan tinggi negeri (PTN) tahun akademik 2024/2025.

Jalur masuk PTN yang pertama dibuka adalah Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) atau dulu disebut Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

Bagi siswa kelas 12 yang bercita-cita kuliah di PTN, perlu tahu apa itu SNBP 2024 yang menjadi jalur pertama masuk PTN tahun ajaran mendatang.

Dilansir dari laman Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB), Jumat (8/9/2023) SNBP sepenuhnya dipersiapkan oleh Tim Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB).

Jalur SNBP menjadi seleksi penerimaan mahasiswa baru yang ditekankan memiliki kompetensi holistik dan lintas disipliner.

Baca juga: Apa Saja Program Kampus Merdeka? Mahasiswa Baru Wajib Tahu

Penjelasan apa itu SNBP

Tidak semua siswa bisa mendaftar lewat jalur SNBP. Pasalnya hanya siswa yang dinyatakan eligible atau memenuhi kriteria yang bisa mendaftar.

Kriteria siswa yang masuk eligible ini berdasarkan nilai rapor hingga kuota di masing-masing sekolah sesuai akreditasinya. Berikut informasi mengenai pelaksanaan SNBP yang perlu diketahui oleh para siswa kelas 12.

Meski seleksi masuk PTN tahun 2024 belum dijelaskan apakah akan tetap menggunakan metode yang sama atau mengalami perubahan lagi, namun acuan pada pelaksanaan SNBP 2023 bisa menjadi acuan bagi calon mahasiswa yang berencana mendaftar PTN lewat jalur ini.

1. Penilaian seluruh mata pelajaran

SNBP dilakukan berdasarkan dua komponen yakni:

  • Komponen pertama, yang dihitung berdasarkan rata-rata nilai rapor seluruh mata pelajaran paling sedikit 50 persen dari bobot penilaian.
  • Komponen kedua, yang dihitung berdasarkan nilai rapor paling banyak dua mata pelajaran pendukung program studi yang dituju, portofolio, dan/atau prestasi paling banyak 50 persen dari bobot penilaian.

Dengan demikian, komposisi persentase komponen pertama dan komponen kedua ditetapkan oleh masing-masing PTN dengan total 100 persen.

2. Daya tampung SNBP 2023

Daya tampung mahasiswa baru jalur SNBP untuk setiap program studi pada PTN ditetapkan paling sedikit 20 persen. Jika daya tampung SNBP tidak terpenuhi, dapat dialihkan ke Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT).

3. Persyaratan sekolah SNBP 2023

Perlu diketahui bahwa untuk mendaftar jalur SNBP tidak hanya siswa saja yang harus memenuhi kriteria. Namun sekolah yang akan mendaftarkan siswanya di jalur SNBP ini juga wajib memenuhi kriteria. Berikut persyaratan sekolah yang mau mengikuti SNBP:

a. SMA/MA/SMK yang mempunyai NPSN.
b. Ketentuan akreditasi:

  • Akreditasi A: 40 persen terbaik di sekolahnya
  • Akreditasi B: 25 persen terbaik di sekolahnya
  • Akreditasi C dan lainnya: 5 persen terbaik di sekolahnya

c. Mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Data siswa yang diisikan hanya yang eligible sesuai dengan ketentuan.

Baca juga: Kisah Arum, Guru PAUD yang Raih Beasiswa S2, Lulus dengan IPK 4,00

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com