Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Meningkatkan Daya Ingat Saat Belajar, Mahasiswa Perlu Coba

Kompas.com - 16/09/2023, 20:28 WIB
Mahar Prastiwi,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Memiliki daya ingat yang bagus sangat membantu pelajar maupun mahasiswa saat menghadapi ujian atau kuis serta materi pelajaran atau kuliah. Untuk meningkatkan daya ingat khususnya saat belajar, ada beberapa cara yang bisa kamu coba.

Dilansir dari laman Politeknik Tempo, Sabtu (16/9/2023) ini tips meningkatkan daya ingat yang bisa dicoba pelajar maupun mahasiswa.

Berikut cara meningkatkan daya ingat yang akan sangat bermanfaat saat belajar dan menghadapi ujian maupun kuis.

Baca juga: Deretan Beasiswa S1-S3 untuk Kuliah di 9 Negara Paling Maju

Tips meningkatkan daya ingat yang bisa dicoba mahasiswa

1. Merangkum kembali materi

Saat mengikuti pembelajaran di kelas, dosen atau guru akan memberikan materi yang harus dipelajari kembali oleh siswa.

Agar bisa lebih mengingat materi pelajaran yang diberikan, kamu bisa merangkum kembali materi tersebut. Kamu bisa merangkum kembali seluruh informasi dengan menggunakan kata-kata kamu sendiri lalu buatlah poin-poin dengan garis besar dari pembahasan.

2. Belajar dengan visual

Belajar dengan menggunakan metode visual atau gambar memang lebih mudah diingat dan dipahami dibandingkan dengan tulisan.

Metode belajar dengan visual ini menjadi salah satu strategi untuk mengingat kembali informasi dengan lebih mudah.

Kamu bisa mulai dengan memvisualisasikan gambar dengan pikiran saat mendapatkan informasi karena secara visual akan lebih membekas di dalam pikiran dan kamu akan lebih mudah untuk mengingat.

Baca juga: 11 PTN yang Baru Buka Prodi Kedokteran, Siap-siap Daftar Tahun Depan

3. Gunakan akronim untuk mengingat

Cara meningkatkan daya ingat selanjutnya adalah dengan membuat akronim. Jembatan keledai merupakan trik menghafal dan mengingat dengan menggunakan akronim atau singkatan kata-kata kunci, rima, hingga gambar.

Dalam jembatan kedelai, setiap huruf yang ada mewakili satu kata dalam kalimat terpisah. Contohnya menghafal tabel periodik, kamu bisa menggunakan "HaliNa Kawin Rubi Cs Frustasi". Singkatan ini terdiri dari unsur H (Hidrogen), Li (Lithium), Na (Natrium), K(Kalsium), Rb (Rubidium), Cs (Caesium), dan Fr (Fransium).

Cara ini juga bisa digunakan dalam mengingat rumus-rumus ataupun poin poin dalam mata pelajaran lain.

4. Mengajarkan kembali kepada teman

Agar punya daya ingat yang bagus, kamu bisa melakukan cara mengajarkan materi pelajaran ke temanmu.

Saat ini, ujian akademik menuntut kamu untuk paham konsep materi, bukan hanya menghafal. Agar lebih mengingat konsep, kamu harus berlatih dengan belajar secara aktif.

Mengajarkan kembali pelajaran yang sudah dipahami kepada teman bisa menjadi cara untuk mempertahankan daya ingat terhadap suatu informasi.

5. Review

Metode belajar dengan sistem kebut semalam sebaiknya mulai dihindari. Karena, memasukan banyak informasi untuk diingat dalam waktu singkat adalah kebiasaan yang tidak baik.

Materi-materi itu berpotensi mudah hilang seketika. Padahal kunci dari meningkatkan daya ingat yang baik adalah dengan sering melakukan review atau meninjau ulang catatan dan materi belajar mingguan.

Baca juga: Apakah Lulusan SMK Bisa Masuk Akmil atau Akpol?

Demikian 5 cara meningkatkan daya ingat yang bisa dicoba pelajar maupun mahasiswa khususnya dalam hal pelajaran agar tidak mudah lupa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com