Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tips Mudah Dapat Beasiswa ke Luar Negeri

Kompas.com - 17/09/2023, 19:11 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Banyak siswa atau mahasiswa di Indonesia yang bermimpi besar untuk melanjutkan kuliah ke luar negeri. Baik itu untuk jenjang S1, S2 bahkan S3.

Tetapi untuk melanjutkan kuliah di luar negeri, sebetulnya cukup mudah. Karena setiap beasiswa pastinya sudah memberikan persyaratan dan hal yang wajib dimiliki calon pelamar.

Jadi bagaimana agar mudah mendapatkan beasiswa ke luar negeri?

Baca juga: Beasiswa S2-S3 ke Oxford, Kuliah Gratis dan Tunjangan Rp 297 Juta

Dilansir dari laman bimbingan belajar Bahasa Inggris, Titik Nol English, berikut 7 tips yang harus dimiliki agar dapat beasiswa ke luar negeri. 

1. Bisa berbahasa Inggris atau asing

Sebagai bahasa internasional, tentunya bahasa Inggris sangat dibutuhkan dan merupakan salah satu cara mendapatkan beasiswa luar negeri.

Untuk itu kita harus mempersiapkan diri, salah satunya dengan meningkatkan kemampuan bahasa Inggris yang dimiliki. Sebagai bahasa internasional, bahasa Inggris tidak hanya digunakan untuk mendapatkan beasiswa luar negeri tetapi ini juga penting dalam kehidupan di era globalisasi saat ini.

Ada banyak cara untuk belajar bahasa Inggris. Seperti mengikuti kursus bahasa ataupun belajar secara mandiri.

Dibutuhkan konsistensi saat belajar Bahasa Inggris, baik dengan cara berbicara di depan cermin, menonton film, menggunakan aplikasi chat dengan native, menonton video Youtube mengenai bahasa Inggris dan masih banyak lagi.

Jangan lupa juga perhatikan grammar karena ini sangat penting dalam test TOEFL dan IELTS serta dalam pembuatan Motivation Letter.

2. Memiliki motivation letter yang bagus

Motivation letter merupakan salah satu syarat dan elemen penting dalam beasiswa. Isinya adalah esai yang berisi penjelasan bahwa kamu layak menjadi penerima beasiswa. Beberapa kesalahan yang sering terjadi saat membuat esai adalah penggunaan statement klise seperti “saya sangat tertarik untuk mempelajari culture dan bahasanya". Hal tersebut sangat klise dan terdengar membosankan.

Kalian bisa mencoba menuliskan hal-hal yang anti-mainstream yang membuat motivation letter yang kamu buat semakin menarik.

Baca juga: 6 Beasiswa S1 Jarang Dilirik, Tawarkan Kuliah Gratis hingga Tunjangan

3. Memiliki tekad kuat

Kalau kamu tidak memiliki niat dan tekad yang kuat untuk mendapat beasiswa luar negeri, maka kamu pun akan malas dan untuk meraihnya.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com