Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alumnus Unair: Ini Pentingnya Rencana Karier sejak Mahasiswa

Kompas.com - 02/10/2023, 16:02 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber Unair

KOMPAS.com - Sejak duduk di bangku kuliah, mahasiswa harus mulai menyiapkan rencana kariernya. Hal ini penting dilakukan sejak dini.

Terkait rencana karier, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Airlangga (Unair), Departemen Hubungan Luar BEM FEB Unair mengundang alumnus berprestasi.

Ada dua alumnus yang diundang pada Sambang Alumni 2.0, Senin (25/9/2023). Tema yang diangkat ialah "Career Planning: One Step Forward to Achieve an Excellent Career Path".

Salah satu alumnus FEB Unair, Deddy Firman Rahmady saat ini menjabat Vice President Anggaran Petrokimia Gresik.

Baca juga: Pakar Unair: Lagu Halo-Halo Bandung Jelas Diplagiat

Sedang yang kedua ialah Hans Michael Hartojo, salah satu lulusan terbaik FEB Unair 2021. Posisi terakhir Hans merupakan Emerging Business Relationship Manager di Bank OCBC NISP cabang Malang.

Hans juga pernah menempuh program On-the-job Trainee unggulan milik OCBC NISP, yakni Graduate Development Program.

Membangun visi sejak kuliah

Deddy menyatakan bahwa mahasiswa harus memilih langkah karir seperti apa yang akan dilalui. Ia juga mendorong mahasiswa untuk selektif dalam memilih karier dan tidak sekedar ikut-ikutan.

"Kesalahan utama fresh graduate adalah memiliki pola pikir ‘yang penting kerja dulu’," ujar Deddy, dilansir dari laman Unair, Senin (2/10/2023).

Sedangkan menurut Hans, ia lebih memilih untuk membuat rencana minat karier cadangan. Ia mendorong mahasiswa untuk memilih alternatif langkah karier lain yang paling diminati, jika tidak dapat menggapai minat utama.

"Selanjutnya, kalian harus konsisten dengan pilihan-pilihan itu, jangan beralih ke yang lain," tutur Hans dihadapan mahasiswa FEB Unair.

Tips agar visi teralisasi

Dijelaskan Deddy, untuk merealisasikan visi atau rencana karier ialah mahasiswa harus mengetahui minatnya terlebih dahulu untuk dapat menentukan keunggulan diri.

Deddy juga dorong mahasiswa untuk mencari kesempatan sebanyak-banyaknya dan membuat branding diri.

Hal penting lainnya ialah membangun relasi sebanyak mungkin. Mahasiswa juga harus mengutamakan membangun relasi dengan orang-orang yang memiliki minat serupa.

Baca juga: 7 Tips Menurunkan Tekanan Darah Tinggi, Info Ners Unair

Tentunya akan lebih mudah merealisasikan rencana karir jika mahasiswa dikelilingi oleh orang-orang yang satu frekuensi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com