Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karnaval HUT Ke-267 Yogyakarta, Tumbuhkan Rasa Cinta Tanah Air bagi Siswa

Kompas.com - 05/10/2023, 13:00 WIB
Mahar Prastiwi,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Memeriahkan HUT ke-267 Kota Yogyakarta, TK Indriyasana Baciro, Yogyakarta, mengadakan karnaval menggunakan pakaian adat gagrak Yogyakarta, Rabu (4/10/2023).

Tak hanya mengikuti karnaval dan mengenakan pakaian adat, para siswa TK Indriyasana Baciro juga diajak melihat film yang mengenalkan budaya asli Yogyakarta.

Mulai dari letak geografis Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), tempat bersejarah dan obyek wisata yang ada di Yogyakarta, makanan khas, hingga baju adatnya.

Kepala Sekolah TK Indriyasana Baciro B Purwati Ida Kristanti mengatakan, pada karnaval HUT ke-267 Kota Yogyakarta kali ini, pihak sekolah anak mengadakan karnaval dengan rute area di dekat sekolah.

Baca juga: Intip 6 Aktivitas untuk Menumbuhkan Budaya Literasi pada Siswa

Meriahkan HUT ke-267 Kota Yogyakarta

Agar suasana Yogyakarta makin kental, anak-anak juga mengenakan baju gagrak Yogyakarta yang biasa dikenakan anak tiap Kamis Pahing.

Tak hanya sekadar mengajak anak karnaval, tapi dengan memperingati HUT ke-267 Kota Yogyakarta ini ada nilai-nilai yang ingin disampaikan ke para siswa.

"Nilai-nilai yang ingin kami sampaikan dalam kegiatan karnaval untuk memeriahkan HUT ke-267 Kota Yogyakarta adalah nilai-nilai kebhinekaan, moral agama dan akhlak mulia," kata Tanti kepada Kompas.com.

Selain itu, pihak sekolah juga berusaha mengenalkan dan mengajak para siswa mencintai budaya Indonesia, khususnya budaya di Yogyakarta.

Baca juga: 8 Manfaat Makan Buah dan Sayur, Penting Diketahui Siswa

Menghargai keberagaman

Siswa TK Indriyasana Baciro Yogyakarta mengikuti karnaval HUT ke-267 Kota Yogyakarta sembari membawa gunungan bertuliskan HUT ke-267 Kota Jogja.KOMPAS.com/MAHAR PRASTIWI Siswa TK Indriyasana Baciro Yogyakarta mengikuti karnaval HUT ke-267 Kota Yogyakarta sembari membawa gunungan bertuliskan HUT ke-267 Kota Jogja.

Dengan demikian, bisa menumbuhkan rasa menghargai adanya keberagaman budaya dan perbedaan dalam diri para siswa.

"Yang pada akhirnya bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta Tanah Air," imbuh Tanti.

Tanti menambahkan, bersamaan dengan acara karnaval HUT Kota Yogyakarta, TK Indriyasana Baciro juga memiliki program tahap pengembangan pelaksanaan P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila).

Puncak rangkaian kegiatan P5 ini akan dilaksanakan pekan depan.

"Pihak sekolah akan mengajak orangtua untuk melihat pameran hasil karya anak dalam program P5 ini," tandasnya.

Baca juga: Mengenal KIP Kuliah Skema 1 dan Skema 2, Siswa Harus Tahu

Dengan begitu, anak-anak tidak hanya mengingat momen jalan-jalan, tetapi ada nilai lain yang dipelajari dalam rangkaian kegiatan HUT ke-267 Kota Yogyakarta.

Setelah selesai melakukan karnaval, anak-anak duduk bersama untuk melihat film tentang budaya asli Kota Yogyakarta.

Selain itu, anak juga dikenalkan dengan aneka jajanan pasar berupa putu ayu hingga wedang serai atau wedang sereh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com