Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tips Mengikuti Tes TOPIK Bahasa Korea untuk Daftar Beasiswa

Kompas.com - 06/10/2023, 10:44 WIB
Carissa Juwita,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Korea Selatan menjadi negara favorit mahasiswa asing untuk melanjutkan pendidikan. Tetapi, ada beberapa kampus di Korea yang mewajibkan calon mahasiswa lebih dulu lulus dalam ujian TOPIK.

Ujian TOPIK merupakan ujian bagi masyarakat asing yang bertujuan untuk mengukur keahlian dalam bahasa Korea. Ujian TOPIK mirip dengan tes IELTS. 

Dilansir dari lembaga pelatihan kerja ke luar negeri Work Abroad Academy, ada beberapa tips agar lulus dalam ujian TOPIK:

1. Hafalkan kosakata sebanyak-banyaknya

Sebelum mengikuti ujian TOPIK, kamu bisa menghafalkan kosakata dalam bahasa Korea sebanyak-banyaknya. Dengan menghafal banyak kosakata, maka kamu akan lebih cepat fasih berbicara dalam bahasa Korea.

Misalnya, dalam satu hari kamu menghafal 100 sampai 200 kosakata melalui buku, kamus, drama, dan lagu-lagu Korea.

Baca juga: 10 Beasiswa S1-S3 ke Timur Tengah, Beri Biaya Kuliah-Tunjangan

2. Membaca Hangul dengan cepat

Waktu yang diberikan pada pengerjaan ujian TOPIK selama 70 menit dengan total jumlah 50 soal. 50 soal tersebut dibagi menjadi 2 jenis yaitu 25 soal mendengar dan 25 soal membaca.

Dengan waktu yang terbatas, kelancaran dalam membaca hangeul sangat diperlukan untuk menghemat waktu dalam mengerjakan soal per soal. Jika kamu masih membaca soal dengan mengeja huruf Korea atau Hangul, kamu akan kehabisan banyak waktu.

3. Memahami tata bahasa Korea

Persiapkan diri kamu sebelum mengerjakan tes TOPIK dengan memahami tata bahasa Korea. Memahami kalimat, akhiran kalimat, kalimat masa kini, masa lampau, kalimat formal, dan kalimat informal.

Baca juga: Beasiswa S2-S3 University of Melbourne, Tunjangan Rp 366 Juta Per Tahun

4. Dapat menulis angka dalam bahasa Korea

Angka Korea terbagi menjadi dua jenis yaitu sino korea dan bilangan asli korea. Dua jenis angka ini harus dikuasai oleh calon peserta tes ujian TOPIK.

Terutama soal-soal mendengarkan yang sering menyebutkan angka-angka, jika tidak menguasai maka kamu akan bingung dalam mengurutkan soal.

5. Latihan soal

Berlatih mengerjakan soal-soal dan anggap saja kamu sedang ujian TOPIK sungguhan. Kamu dapat membeli buku atau mendownload kumpulan soal-soal TOPIK.

Saat mengerjakan latihan soal, jangan lupa untuk memasang alarm selama 70 menit. Dengan demikian, kamu akan mengetahui sejauh mana kemampuan kamu dalam mengerjakan soal apakah hanya bisa mengerjakan 20 soal atau dapat menyelesaikan seluruh soal dengan baik.

6. Mendengarkan latihan soal-soal TOPIK

Terakhir, kamu dapat mendengarkan soal-soal latihan TOPIK melalui youtube atau CD. Dengan demikian, kamu akan terlatih dengan pelafalan bahasa Korea.

Demikian informasi seputar tips sebelum menghadapi ujian TOPIK.

Baca juga: ITS Fasilitasi Mahasiswa Program Joint Degree Magang di Korea Selatan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com