Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intip 5 Museum dengan Tema Sains di Indonesia

Kompas.com - 15/10/2023, 08:47 WIB
Mahar Prastiwi,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Hari Minggu atau hari libur lainnya bisa dimanfaatkan pergi ke museum. Terlebih pada 12 Oktober lalu diperingati Hari Museum Nasional.

Para siswa bisa mendatangi museum yang ada di kotamu. Tak hanya sekadar jalan-jalan, mengunjungi museum juga bisa menambah wawasanmu.

Bagi siswa yang suka dengan bidang Sains, ada museum yang cocok untuk kamu kunjungi.

Dilansir dari laman Direktorat SMP Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) membagikan rekomendasi museum bertemakan sains yang bisa dikunjungi para siswa.

Baca juga: Keunikan SMA Kolese De Britto, Siswa Boleh Gondrong hingga Berpakaian Bebas

Museum bertema sains di Indonesia

1. Museum Zoologi Frater Vianney

Museum ini berada di Kota Malang, Jawa Timur. Museum ini merupakan bentuk penghormatan terhadap Frater Maria Vianney, seorang biarawan Belanda yang memiliki dedikasi tinggi dalam bidang zoologi.

Museum ini memiliki koleksi yang mencakup 80 famili moluska di Indonesia. Koleksi yang ditampilkan merupakan spesimen penelitian, hewan peliharaan museum, dan perawatan hewan.

2. Museum Penerangan

Museum Penerangan merupakan Unit Pelaksana Teknis dari Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika. Museum ini terletak di kompleks Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur.

Museum ini diresmikan pada 20 April 1993 oleh Presiden ke-2 Republik Indonesia Soeharto atas prakarsa Ibu Tien Soeharto kepada Harmoko selaku Menteri Penerangan Republik Indonesia saat itu.

Museum Penerangan memiliki sekitar 450 koleksi alat-alat komunikasi yang pernah hadir di kehidupan masyarakat Indonesia.

Baca juga: Jadwal dan Syarat PPDB 2024 SMA Stella Duce 1, Sekolah Khusus Putri di Yogya

3. Museum Geologi

Bagi siswa yang tertarik pada bidang Geologi, maka museum ini wajib dikunjungi. Museum ini berada di Kota Bandung.

Museum Geologi berdiri sejak masa pendudukan Jepang. Setelah Indonesia merdeka, pengelolaannya beralih di bawah Pusat Jawatan Tambang dan Geologi.

Kemudian pada 23 Agustus 2000 museum ini dibuka untuk umum. Museum Geologi kemudian menjadi Unit Pelaksana Teknis Museum Geologi di bawah Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral berdasarkan Peraturan Menteri Energi dan Sumberdaya Mineral Nomor 12 Tahun 2013.

Museum Geologi memiliki koleksi yang berkaitan dengan geologi, seperti fosil vertebrata, fosil invertebrata, batuan, mineral, dan lain sebagainya.

Baca juga: Prospek Kerja Menjanjikan bagi Lulusan Jurusan Asuransi Jiwa

4. Museum Zoologi Bogor

Tahun 1894 menjadi tanggal berdirinya Museum Zoologi Bogor, berkat gagasan brilian dari J.C. Koningsberger.

Koleksi fauna yang dimiliki museum ini merupakan representasi keanekaragaman hayati di Indonesia. Sebagian koleksinya juga ada yang diambil dari luar negeri.

5. Museum Tanah dan Pertanian

Museum Tanah sudah berdiri sejak 29 September 1988. Museum ini menempati sebuah gedung bersejarah zaman pemerintahan Belanda di Kota Bogor.

Museum ini sempat mengalami penutupan, Kementerian Pertanian memutuskan untuk merenovasi dan membuka kembali museum tersebut pada Hari Tanah Dunia pada 5 Desember 2017 dan meresmikannya pada 22 April 2019.

Saat berkunjung ke museum ini, siswa tidak hanya mendapatkan pengetahuan mengenai sejarah pertanian di Indonesia, namun juga pengetahuan mengenai komoditas-komoditas pertanian, dan alat-alat pertanian.

Baca juga: Syarat Nilai Rapor dan Skor IQ untuk Daftar SMA Taruna Nusantara

Demikian 5 museum bertema sains yang bisa dikunjungi para siswa saat mengisi hari libur sekolah. Dengan berkunjung ke museum bisa menjadi sumber pembelajaran dan menambah pengetahuan para siswa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com