Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berkontribusi untuk Keamanan Siber ASEAN-Jepang, Dosen UI Raih Penghargaan

Kompas.com - 16/10/2023, 20:01 WIB
Carissa Juwita,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Prestasi membanggakan kembali di raih oleh civitas Universitas Indonesia. Dalam acara International Conference - ASEAN Japan Cybersecurity Community (IC-AJCC) 2023, Dr. Ir. Muhammad Salman meraih penghargaan atas kontribusinya membangun kerjasama komunitas ASEAN - Jepang di bidang keamanan siber.

Penghargaan tersebut secara langsung diberikan oleh Suzuki Atsuo, Director General of National of Incident Readiness and Strategy for Cybersecurity (NISC).

Acara ini diadakan pada 5-6 Oktober 2023 di Tokyo, Jepang. IC-AJCC merupakan platform kolaboratif yang diselenggarakan oleh Pemerintah Jepang. Sekaligus menjadi perayaan 50 tahun kemitraan ASEAN dan Jepang. 

Baca juga: BRI Buka Kompetisi Bisnis Mahasiswa, Total Hadiah Rp 75 Juta dan Peluang Karier

Dr. Ir. Muhammad Salman yang juga dosen program Studi Teknik Komputer (FT) UI dan Co-Founder Indonesia Cyber Awareness and Resilience Center (IdCARE) UI mengatakan bahwa ia sangat mengapresiasi penghargaan yang ia terima dan berterimakasih kepada pemerintah Jepang.

“Saya sangat mengapresiasi dan berterimakasih kepada pemerintah Jepang atas kesinambungan dan komitmennya untuk mendukung komunitas keamanan siber khususnya di ASEAN dalam memperkuat kemitraan di bidang peningkatan kapasitas keamanan siber,” ujar Dr. Salman.

Sebelum terpilih, ada empat kandidat dari empat negara yang masuk ke tahap akhir pemilihan. Mereka berasal dari Indonesia (yang diwakili oleh Dr. Salman), Brunei, Thailand, dan Jepang.

Dr. Salman telah berkontribusi aktif terhadap kerjasama ini selama lebih dari 10 tahun. Salah satu perannya adalah membangun kerjasama dengan Japan International Cooperation Agency (JICA) untuk mengembangkan kapasitas sumber daya manusia yang profesional di bidang keamanan siber.

Baca juga: Beasiswa S2 2023 Tanpa Batas Usia, Tawarkan Kuliah Gratis-Tunjangan

Sementara itu, Prof. Dr. Heri Hermansyah selaku Dekan FT UI juga turut mengapresiasi penghargaan yang diterima oleh Dr. Salman.

“Melalui proyek kerjasama dengan JICA, Dr. Salman berperan aktif dalam meningkatkan kapasitas keamanan siber di Indonesia dan seluruh ASEAN,” ujar Prof. Heri.

Dengan demikian, Dr. Salman menambah daftar dosen UI yang berprestasi dan mampu menunjukkan kepada negara lain bahwa Indonesia juga memiliki SDM yang berkualitas di bidang keamanan siber.

Selain berkontribusi pada komunitas kerjasama ASEAN-Jepang, Dr. Salman juga mengajak dosen-dosen FT UI untuk mengembangkan berbagai aktivitas di bidang keamanan siber di kampus mereka.

Baca juga: 3 Jurusan Langka yang Hanya Ada di Universitas Indonesia

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com