Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Rekomendasi Tontonan untuk Tingkatkan Motivasi Belajar hingga Berkarya

Kompas.com - 19/10/2023, 18:30 WIB
Carissa Juwita,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bagi pelajar atau mahasiswa, belajar merupakan salah satu langkah penting untuk memahami materi yang telah diajarkan baik di sekolah maupun di kampus.

Tetapi, seiring berjalannya waktu banyak, rasa bosan dan malas untuk belajar maupun berkarya bisa menurun.

Salah satu cara untuk menghilangkan rasa jenuh adalah menonton film atau TV show. Sejumah tayangan bisa menjadi pilihan karena dapat meningkatkan motivasi.

Dilansir dari lembaga kursus bahasa Inggris @titiknolenglish pada Kamis (19/10/2023) terdapat beberapa film dan tv show yang mampu meningkatkan motivasi belajar hingga berkarya.

Baca juga: 4 Bulan Lagi Beasiswa LPDP 2024 Dibuka? Cek Informasi Lengkapnya

1. Homeless to Harvard (2003)

Sebuah film yang diadaptasi dari kisah nyata dari seorang wanita bernama Liz Murray. Dalam film, diceritakan bagaimana dia mencari makanan, bekerja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari hingga kegigihannya untuk masuk ke Harvard University.

Film yang sangat menginspirasi dan menunjukkan bahwa kekurangan biaya dan tidak memiliki privilege bukan menjadi hambatan untuk mewujudkan cita-cita. Terbukti, ia berhasil masuk ke Harvard melalui beasiswa.

Baca juga: 5 Rekomendasi Film untuk Belajar Bahasa Inggris

2. The Glass Castle (2017)

Film yang diadaptasi dari kisah nyata seorang wanita bernama Jeannette Walls. Film berdurasi 127 menit menceritakan masa kecilnya yang kurang baik karena memiliki ibu seorang seniman eksentrik dan ayah seorang pecandu alkohol.

Jeannette kecil juga sering berpindah-pindah tempat tinggal, harus menghadapi ayahnya yang sering marah-marah dan mabuk. Ia tetap memiliki tekad yang kuat sampai akhirnya berhasil menjadi jurnalis dan penulis yang sukses.

3. God of Study (2010)

Sebuah tayangan TV show dari Korea Selatan yang memiliki 16 episode. Serial ini menceritakan seorang guru bernama Kang Suk Ho yang berusaha meningkatkan kualitas pendidikan di SMA Byeong-Mun. Ia bertekad untuk menjadikan siswanya berprestasi.

Baca juga: Ini Syarat Beasiswa Bakti BCA 2023 bagi Mahasiswa S1

Ia mengajar 5 murid dengan nilai paling rendah dan memiliki latar belakang yang berbeda. Salah satu muridnya bernama Hwang Baek Hyun dikenal sangat susah diatur dan keras kepala.

Kang Suk Ho memberikan materi dengan metode yang menyenangkan dan mudah dipahami oleh muridnya. Dengan kegigihan dan tekad yang kuat, akhirnya ia berhasil mendidik kelima murid tersebut. Terbukti, kelimanya saling bersaing untuk memperoleh nilai terbaik di kelas.

4. The Queen's Gambit (2020)

Film ini menceritakan kisah seorang wanita bernama Elizabeth Harmon. Ia adalah seorang pecatur asal Amerika Serikat. Dalam film ini, dikisahkan ia memiliki tinggal sebatang kara dan sang ibu meninggal saat ia berusia lima tahun.

Kemudian, ia tinggal di panti asuhan dan melihat seorang karyawan di sana sedang bermain catur. Sejak saat itu, ia suka bermain catur dan mengikuti perkumpulan catur.

Singkat cerita, ia semakin gigih dan menekuni catur. Akhirnya, ia berhasil menjadi pecatur yang terkenal dengan kecerdasannya dalam menghadapi lawan.

Film ini mengajarkan kita untuk mendapatkan sesuatu dengan kerja keras dan menekuni satu bidang dengan sungguh-sungguh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com