Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 "Skill" Perlu Dikuasai "Fresh Graduate" jika Ingin Bekerja di Startup

Kompas.com - 29/10/2023, 18:00 WIB
Mahar Prastiwi,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Banyak fresh graduate yang memilih bekerja di perusahaan startup. Ada beberapa alasan mengapa fresh graduate memilih bekerja di startup.

Salah satunya karena ingin mencari tempat belajar dan berkembang, pribadi yang menyukai tantangan hingga karena gaji yang cukup menjanjikan.

Selain itu, perusahaan startup biasanya memiliki karyawan atau pegawai yang lebih sedikit dibandingkan dengan tim di beberapa perusahaan besar. Sehingga dinilai mampu menciptakan lingkungan kerja yang lebih kondusif bagi generasi muda.

Baca juga: 10 Jurusan Paling Banyak Dicari Perusahaan Startup

7 skill harus dikuasai fresh graduate jika ingin kerja di startup

Fresh graduate yang ingin bekerja di perusahaan startup perlu menguasai beberapa skill yang bisa menunjang pekerjaan di perusahaan startup.

Dilansir dari laman Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri Kementerian Perindustrian, Minggu (29/10/2023), berikut 7 skill yang harus dikuasai fresh graduate jika ingin bekerja di perusahaan startup. 

1. Kerja sama tim

Skill pertama yang harus dikuasai fresh graduate yang ingin bekerja di perusahaan startup adalah bisa bekerja sama dalam tim.

Pasalnya, rata-rata para pekerja startup sering bekerja dalam beberapa tim kecil. Sehingga fresh graduate harus bisa berkoordinasi dengan sesama rekan kerja di perusahaan startup.

Teamwork atau kerja sama tim harus dikuasai fresh graduate. Kamu harus sering-sering berlatih dan mengikuti beberapa proyek di perusahaan agar mulai terbiasa dengan kerja sama tim.

Baca juga: Beasiswa S2 ke Jepang, Tawarkan Kuliah Gratis dan Uang Saku Rp 15 Juta

2. Problem solving

Skill lain yang perlu dikuasai fresh graduate adalah kemampuan memecahkan masalah atau problem solving.

Skill problem solving atau pemecahan masalah merupakan skill yang akan sangat berguna saat bekerja. Selain bisa menyelesaikan permasalahan yang ada pada pekerjaan, skill ini juga bisa sangat membantu jika ada masalah yang terjadi di internal.

Selain itu untuk bisa menguasai skill problem solving, fresh graduate juga harus memiliki kemampuan analisis yang baik.

Baca juga: 10 Jurusan Kuliah Sekolah Tinggi Intelijen Negara, Lulus Jadi CPNS

3. Kepemimpinan

Berikutnya adalah skill kepemimpinan atau leadership. Perusahaan startup memiliki jumlah pekerja yang relatif lebih sedikit. Jika sewaktu-waktu kamu disuruh menjadi seorang pemimpin di suatu proyek, kamu harus bisa.

Skill ini merupakan salah satu skill yang wajib dimiliki fresh graduate. Untuk melatih skill kepemimpinan ini biasanya kamu harus sering mengikuti beberapa organisasi atau perkumpulan dan menjadi pemimpin atau ketua dalam sebuah acara atau event.

4. Komunikasi

Kemampuan komunikasi yang baik sebenarnya tidak hanya diperlukan fresh graduate yang ingin bekerja di perusahaan startup. Tapi di semua bidang pekerjaan, skill komunikasi menjadi hal wajib yang harus dimiliki.

Kamu harus harus bisa berkomunikasi sesama rekan kerja atau klien. Bahkan jika startup bekerja di bidang software yang memiliki berbagai klien dari luar negeri, setidaknya harus bisa menguasai beberapa skill berkomunikasi dengan berbagai bahasa. Minimal bahasa Inggris dan Indonesia.

Baca juga: Pendaftaran S2 dan S3 UNY Masih Buka, Ini Rincian Biaya Kuliahnya

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com