Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Peluang Kerja Lulusan DKV, Apa Saja Itu?

Kompas.com - 31/10/2023, 09:47 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber UMN

KOMPAS.com - Memilih jurusan kuliah harus disesuaikan dengan minat dan bakat. Maka dari itu, calon mahasiswa diharapkan tidak salah pilih jurusan kuliah.

Namun bagi yang tertarik dengan menggambar atau desain, maka bisa coba memilih Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV).

Lantas, apa peluang kerja lulusan DKV? Apakah prospek kerjanya bagus? Seiring perkembangan teknologi dan informasi serta proses digitalisasi yang pesat, banyak pula permintaan akan posisi yang bisa dijangkau anak DKV.

Dilansir dari laman Universitas Multimedia Nusantara (UMN), secara harfiah jurusan DKV jika diartikan adalah jurusan yang mempelajari tentang proses kreatif yang menggabungkan seni visual, tipografi, dan teknologi dalam menyampaikan suatu gagasan ide atau informasi.

Baca juga: 6 Jenis Pekerjaan yang Cocok bagi Mahasiswa

Usai lulus kuliah, anak DKV bisa bekerja di berbagai bidang. Ini informasi bagi calon mahasiswa DKV.

Peluang kerja lulusan DKV

1. Graphic designer

Secara harfiah, karier ini adalah menjadi seorang desainer di bidang grafis. Seorang desainer grafis memiliki tugas dalam membuat grafis terkait perusahaan atau agensi tempatnya bekerja.

Biasanya grafis bisa dibuat dalam bentuk infografis, visualisasi data, dan masih banyak lainnya. Kini permintaan seorang desainer grafis semakin banyak. Ditambah lagi pengaruh dari internet dan media sosial yang membutuhkan konten berupa visual juga.

2. Web designer

Anak DKV bisa menjadi Web Designer. Web Designer di zaman sekarang sangatlah dibutuhkan apalagi di zaman digital ini. Semua perusahaan atau instansi biasanya memiliki laman atau situs resmi.

Tugas dari seorang Web Designer adalah membuat desain terkait laman atau situs dari perusahaan tempatnya bekerja. Biasanya anak DKV akan bekerja sama dengan anak IT dalam mengaplikasikan desain web tersebut.

Baca juga: 5 Manfaat Kuliah Sambil Kerja, Tertarik Coba?

Namun tidak menutup kemungkinan jika bisa dikerjakan secara pribadi jika paham dasar-dasar pembuatan website.

3. Art director

Adapun Art Director adalah seorang pengarah di bidang kreatif. Art Director merupakan seorang yang bertanggung jawab atas tampilan visual secara keseluruhan di berbagai media seperti majalah, koran, kemasan, film hingga produksi televisi.

Dari seorang Art Director saja bisa bekerja di berbagai media, baik media massa hingga perusahaan. Jadi, bagi kalian mahasiswa DKV atau calon mahasiswa DKV tidak usah ragu lagi.

4. Ilustrator

Sedang peluang kerja lulusan DKV lainnya ialah menjadi ilustrator. Adapun ilustrator adalah seorang seniman yang mempraktikkan profesi profesional dalam seni rupa.

Umumnya membuat atau memberikan gambar ilustrasi untuk menyampaikan maksud dari jenis huruf tertentu atau untuk membuatnya terlihat menarik. Ini termasuk buku, novel, majalah, surat kabar, iklan dan poster.

Setiap ilustrator mungkin memiliki gaya yang berbeda dalam hal ekspresi yang muncul dalam karyanya, dan dapat menggunakan alat yang berbeda, dari pensil dan spidol hingga peralatan komputer, atau mungkin menggabungkan beberapa atau semua alat.

Baca juga: Yuk Intip Prospek Kerja Ilmu Komunikasi

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com