Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
RILIS BIZ

Ratusan Buku Cerita Karya Anak Dipamerkan di Perpustakaan Jakarta

Kompas.com - 08/11/2023, 15:25 WIB
Sri Noviyanti

Editor

KOMPAS.com − Penerbit independen lokal bookabook.id menggelar pameran buku cerita karya anak bertajuk Karya Raya di Perpustakaan Jakarta, mulai Sabtu (28/10/2023) hingga Minggu (12/11/2023).

Total, 638 anak dari berbagai sekolah negeri maupun swasta yang berpartisipasi dengan hasil karya ratusan buku cerita.

“Persiapan kami menggelar Karya Raya cukup lama, sekitar satu tahun, bahkan sejak Perpustakaan Jakarta belum benar-benar selesai renovasi,” ujar Kepala Unit Pengelola Perpustakaan Jakarta dan PDS HB Jassin, Diki Lukman Hakim dalam rilis yang diterima Kompas.com, Rabu (8/11/2023).

Perlu diketahui, selama exhibition berlangsung, ada beragam kegiatan seru yang dapat diikuti anak−anak setiap akhir pekan.

Baca juga: Tak Cuma Baca, di Perpustakaan Jakarta Bisa Lakukan 5 Aktivitas Ini

Kegiatan tersebut di ataranya berfoto dengan buku karya sendiri, membaca buku karya anak lain, mendengarkan storytelling, bermain di area wall coloring, sticker decorating, mengikuti sushi class, donut decorating, arts class, menghias instalasi giant book, dan masih banyak lagi.

Orang tua pun dapat menikmati berbagai sesi parenting talk dari para ahli yang berpengalaman dalam pendidikan anak-anak. Semua kegiatan tersebut gratis tanpa dipungut biaya.

“Karena menumbuhkan minat anak terhadap buku itu tidak mudah. Anak perlu diberi environment yang mendorong mereka untuk tertarik pada literasi. Salah satunya dengan menciptakan wadah yang bisa menumbuhkan kecintaan anak pada membaca ataupun menulis. Don’t waste your time chasing butterflies but create a beautiful garden and the butterflies will come,” sambung Co-Founder bookabook.id Ernest Junius.

Baca juga: Mampir ke Perpustakaan Jakarta di Cikini, Tempatnya Estetis dan Nyaman

Perlu diketahui, pihaknya juga menggelar acara penghargaan pada Sabtu (11/11/2023). Nantinya, ada beberapa penghargaan dengan kategori khusus untuk dianugerahkan pada anak-anak yang karyanya terpilih.

Panel juri terdiri dari perwakilan Perpustakaan Jakarta, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Book A Book, praktisi komunikasi, dan akademisi.

Ernest menegaskan, pada dasarnya, semua anak yang berhasil menyelesaikan karyanya dan dipamerkan adalah pemenang. Penghargaan dibuat dengan tujuan menjadi penyemangat bagi anak-anak untuk terus berkarya lebih baik lagi ke depannya.

Selain itu, Perpustakaan Jakarta akan memilih maksimal 120 buku menjadi koleksi Perpustakaan Jakarta.

Informasi mengenai Karya Raya dapat dilihat di Instagram @Karya_Rayakan @bookabook.id atau ke website KaryaRaya.bookabook.id.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com